-->

Cara mempercepat kinerja laptop

Cara mempercepat kinerja laptop ini sangat simpel dan sederhana namun, kadang kita lebih memilih efek yang terlihat memukau dan halus dari pada merasakan kepuasan dalam kinerja saat menggunakannya. Pada hal ini sering mengeluh tentang kinerja Laptop itu sendiri dalam menggunakan hingga berpikir untuk mencari tahu bagai mana mempercepat kinerjanya.

Cara mempercepat kinerja laptop


Inilah yang sangat sering terlupakan, walaupun pada kenyataannya kita kurang puas dengan kinerja laptop kita sendiri. Langkah-langkah ini akan mengembalikan sistem laptop kamu ke tampilan versi sebelumnya yang tidak terlalu mengandalkan efek dan grafis mewah. Ikuti dengan seksama langkah berikut untuk mempercepat kinerja laptop kamu.

Cara mempercepat kinerja laptop

Langkah awal: Klik start kemudian klik kanan pada ikon komputer atau my computer lalu pilih dan klik properties, lihat gambar berikut bawah ini
Cara mempercepat kinerja laptop

Langkah dua: pada sistem layar yang muncul klik Advanced system settings, untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut dibawah ini
Cara mempercepat kinerja laptop

Langkah tiga: pada system properties klik advanced dan pada performance klik settings, lebih jelas lagi lihat gambar berikut dibawah ini
Cara mempercepat kinerja laptop

Langkah empat: pada performance options klik visual effect dan pilih dan klik adjust for best performance kemudian klik Ok, untuk lebih dapat di pahami lihat pada gambar berikut dibawah ini
Cara mempercepat kinerja laptop

Setelah klik Ok, maka biarkan sistem memilih apa yang terbaik untuk kinerja laptop kamu dan rasakan peningkatan performance kinerja laptop jauh lebih cepat dari sebelumnya. Jika setelah klik ok pada panel terakhir ada permintaan ID abaikan saja.

Selanjutnya percepat kinerja laptop dengan msconfig


Caranya sebagai berikut: Klik Start Menu - Run. Kemudian ketik: msconfig

Kemudian sorotlah menu Startup, matikan semua layanan yang kamu anggap tidak penting. lalu klik OK.

Hapus file sementara (sampah) pada Recycle Bin
File sementara (sampah) dapat memperlambat kinerja suatu komputer/ laptop, jadi alangkah baiknya jika anda menghapusnya. Periksa terlebih dahulu file tersebut, jika memang benar-benar tidak dibutuhkan, silakan anda hapus dengan cara klik kanan icon Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin.

Alternatif software yang bisa anda gunakan adalah CCleaner, software tersebut juga dapat menghapus file sementara yang terdapat pada browser.

Uninstall program yang tidak penting menurut anda
Untuk apa menginstal program yang tidak digunakan. Sayang jika menginstal program yang hanya membuang ruang hard disk anda.

Untuk uninstall program, anda bisa melakukannya melalui Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian uninstall program yang tidak digunakan/ penting.

Minimalkan program yang berjalan atau beraktivitas pada Startup

Semakin banyak program yang berjalan pada startup menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kinerja suatu komputer menurun. Saya sarankan anda untuk menonaktifkan program apa saja yang benar-benar tidak penting dan tidak perlu berjalan di startup dengan cara tekan tombol Win+R > ketik msconfig > pilih tab Startup kemudian uncheck program yang ingin dinonaktifkan.


Agar lebih mudah, anda juga bisa menggunakan CCleaner untuk menonaktifkan program yang berjalan di startup.

Instal Antivirus
rata-rata virus termasuk malware dan spyware menyebabkan kinerja suatu komputer menjadi lambat dan juga dapat merusak data file kita. Selain itu anda harus menginstal antivirus yang tepat, bukan antivirus yang malah memperlambat kinerja komputer atau laptop anda

Meskipun perannya tidak sebesar RAM, virtual memory ini dapat membantu meningkatkan kinerja komputer anda. Untuk mengatur seberapa besar virtual memory yang anda gunakan, masuk ke Control Panel > System and Security > System atau bisa dengan menekan tombol Windows+Pause/Break. Kemudian pilih Advanced system settings.

Memimkan penggunaan efek visual
Semakin banyak efek visual yang digunakan, semakin bagus tampilan dekstop anda. Dan yang perlu anda garis bawahi, semakin lambat pula kinerja komputer anda bila terdapat banyak visual efek yang berjalan.

Instal dan Gunakan Disk Cleanup
Tool ini berguna untuk menghapus file-file sementara pada setiap drive anda. Jadi anda bisa memilih drive mana saja yang ingin dibersihkan dari file-file sementara

Itulah cara termudah untuk mempercepat kinerja laptop walaupun masih banyak cara seting yang lain.

Sedikit cerita tentang  laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1 hingga 6 kg, tergantung pada ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor AC yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri.

Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 2 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop desktop computers pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada desktop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.

Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD atau Liquid Crystal Display berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri.

Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket Universal Serial Bus maupun PS/2 jika tersedia.

Berbeda dengan komputer desktop, laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien.

Komputer jinjing biasanya harganya lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian, harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.

Netbook merujuk pada spesies komputer jinjing yang memiliki spesifikasi tertentu. Sebuah netbook umumnya menggunakan prosesor Intel Atom. Jenis komputer jinjing ini berukuran kecil, biasanya dengan layar di bawah 12 inci dan berat kurang lebih 1 kg.

Netbook mulai populer ketika Asus mengeluarkan produk bernama Eee PC. Ketika itu, komputer dengan harga murah ini menggunakan harddisk layaknya sebuah media penyimpan portabel USB Flash Disk UFD dengan kapasitas rendah 4GB. Semoga bermanfaat ya kawan-kawan.
ARTIKEL TERKAIT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel