-->

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

 Perilaku konsumen adalah tindakan individu yang melibatkan pembelian penggunaan barang dan jasa termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan tersebut sebagai pengalaman dengan produk, layanan dari sumber lain.

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah:

1. Faktor budaya

Faktor budaya meliputi:

faktor yang mempengaruhi prilaku konsomen


a. Budaya: faktor budaya memberi pengaruh paling besar terhadap keinginan dan perilaku konsumen. Budaya (budaya) adalah penyebab paling mendasar dari teori keinginan dan perilaku seseorang.

b. Subkultur: setiap budaya mengandung subkultur yang lebih kecil, atau sekelompok orang yang berbagi sistem nilai yang sama berdasarkan pengalaman dan situasi kehidupan yang sama. Subkultur meliputi: kewarganegaraan, agama, ras, dan daerah gegrafis.

c. Kelas sosial: hampir setiap masyarakat memiliki beberapa bentuk struktur kelas sosial. Kelas sosial adalah bagian masyarakat yang relatif permanen dan terorganisir dengan baik yang anggota-anggotanya berbagi nilai-nilai, minat dan perilaku yang sama.

Perilaku konsumen juga dapat dipengaruhi oleh faktor sosial, seperti kelompok kecil, keluarga dan aturan serta status sosial konsumen. Di sini keluarga adalah organisasi pembelian konsumen yang paling penting di masyarakat. Keputusan orang ingin membeli juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi seperti usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup dan kepribadian serta konsep diri.

Terlepas dari beberapa faktor di atas yang mempengaruhi perilaku konsumen juga dipengaruhi juga oleh faktor psikologis seseorang, yang meliputi motivasi, persepsi, pengetahuan dan keyakinan serta sikap.

Proses Pengambilan Keputusan Pembeli

Sebuah. Proses Pengambilan Keputusan Pembeli Terhadap Produk Baru

Produk baru adalah barang, jasa, atau ide yang dianggap baru oleh pembeli potensial. Terkadang produk di pasar sudah lama ada, di sini konsumen bisa mengambil keputusan untuk menerima / mengadopsi mereka. Proses adopsi adalah proses mental yang dilalui seseorang, dari pengantar pertama hingga penerimaan / adopsi akhir.

Tahapan proses adopsi:

  • 1. Sadar: konsumen menjadi sadar akan produk baru, tetapi kurang informasi tentang mereka.
  • 2. Tertarik: konsumen akan tertarik untuk mencari informasi tentang produk baru.
  • 3. Evaluasi: konsumen harus mempertimbangkan apakah produk baru masuk akal atau tidak untuk dikonsumsi.
  • 4. Mencoba: konsumen mencoba produk baru dalam skala kecil untuk meningkatkan nilai perkiraan produk.
  • 5. Adopsi: konsumen memutuskan secara penuh dan teratur menggunakan produk baru.
  • b. Jenis Perilaku Membeli


Ada empat jenis perilaku pembelian:


  • a. Perilaku pembelian yang rumit

Di sini konsumen mengenali keterikatan yang tinggi dalam proses pembelian, harga produk tinggi, jarang dibeli, memiliki risiko tinggi. Perilaku konsumen melalui proses tiga langkah, yaitu: pertama, mengembangkan kepercayaan tentang produk. Kedua, membangun sikap, dan ketiganya membuat pilihan.

  • b. Perilaku pembelian yang mengurangi inefisiensi

Di sini konsumen mengalami keterlibatan tinggi tetapi melihat sedikit perbedaan, di antara merek. Konsumen mengunjungi beberapa tempat untuk menemukan yang lebih sesuai.

Perilaku pembelian perilaku

Di sini konsumen sangat rendah dalam proses pembelian karena tidak ada perbedaan nyata antara berbagai merek dan harga barang relatif rendah

Membeli perilaku yang mencari keberagaman

Di sini, keterlibatan rendah konsumen akan terkena berbagai pemilihan merek.

  • c. Tahapan Proses Pembelian

Langkah-langkah dalam proses pembelian meliputi:

Sebuah. Pengenalan kebutuhan / masalah

Di sini orang yang akan memasarkan produk memeriksa apa yang dibutuhkan, apa yang menyebabkan semuanya timbul dan mengapa seseorang membutuhkan sesuatu. Seorang pemasar akan memperkenalkan kepada konsumen agar lebih tertarik.

  • d. Cari informasi

Sumber informasi konsumen dibagi menjadi empat kelompok, yaitu:

1. Sumber-sumber pribadi, termasuk: keluarga, teman, tetangga, dan kenalan.

2. Sumber komersial, termasuk: iklan, petugas penjualan, penjual kemasan dan display.

3. Sumber-sumber umum, termasuk: media massa dan organisasi konsumen.

4. Sumber pengalaman, termasuk: pernah menangani, menguji, dan menggunakan produk.

c. Pencarian alternatif

Ada lima konsep dasar bagi pemasar dalam penilaian alternatif konsumen, yaitu:

Sifat-sifat produk, apa karakteristik khusus dan perhatian konsumen terhadap produk atau layanan. Pemasar lebih memperhatikan pentingnya karakteristik produk daripada tonjolan produk.

Kepercayaan konsumen pada ciri-ciri merek yang menonjol.

Fungsi manfaatnya, yaitu bagaimana konsumen mengharapkan kepuasan yang diperoleh dari produk dengan berbagai tingkat alternatif setiap hari

Bagaimana prosedur penilaian yang dilakukan oleh konsumen terhadap banyak karakteristik barang.

  • f. Keputusan pembelian
Ada dua faktor yang menyebabkan seseorang membuat keputusan beli, yaitu:

Sikap orang lain: keputusan membeli yang dipengaruhi oleh banyak teman, tetangga, atau siapa saja yang dipercaya
Faktor-faktor situasi yang tidak terduga: seperti faktor harga pendapatan.

Untuk kali ini sampai dini yang dapat kami utarakan bro, semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel