Sistem dan strategi pemasaran yang meningkatkan pendapatan
Pemasaran adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian tumbuh menjadi keinginan.
SISTEM PEMASARAN
A. Memahami Sistem Pemasaran
Sistem adalah seperangkat benda-benda yang saling berkaitan dan saling terikat atau bagian-bagian yang terhubung dalam membentuk suatu kesatuan yang utuh. Sehingga dapat diartikan sebagai sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, dan faktor lingkungan yang saling mempengaruhi dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasar.
Dalam kelompok pemasaran barang-barang yang saling berkaitan atau saling terkait meliputi:
1. Kombinasi organisasi yang melakukan pekerjaan pemasaran.
2. Produk, layanan, ide dan pangsa yang pasar.
3. Target pemasaran atau pasar.
4. Perantara (pengecer, pedagang besar, agen, transportasi, lembaga keuangan).
5. Batasan lingkungan.
Sistem pemasaran yang paling sederhana terdiri dari dua elemen yang saling terkait, yaitu organisasi pemasaran dan target pasarnya. Unsur-unsur dalam sistem pemasaran mirip dengan yang ada di sistem radio stereo. Bekerja secara terpisah, tetapi terkadang bertemu dengan tepat.
Sebuah Sistem pemasaran dengan saluran vertikal
Dalam sistem ini produsen, pedagang grosir, dan pengecer bertindak dalam satu koherensi.
a.Mengontrol perilaku saluran.
b.Mencegah perselisihan antar anggota saluran
c. Sistem pemasaran dengan saluran horizontal
Dalam sistem ini, ada kolaborasi antara dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang muncul.
c. Sistem pemasaran dengan beberapa saluran
Dalam sistem ini beberapa gaya ritel dengan pengaturan fungsi distribusi dan manajemen digabungkan, kemudian dari belakang dipimpin secara terpusat.
C. Lingkungan Sistem Pemasaran
Sebuah Lingkungan makro eksternal.
Lingkungan makro adalah:
Sebuah Demografi (populasi).
a. Kondisi perekonomian.
b. Teknologi.
c. Kekuatan sosial dan budaya.
d. Kekuatan politik dan hukum.
e. Kompetisi.
f. Lingkungan mikro eksternal
Sebuah Pasar (pasar)
a. Pemasok
b. Broker (perantara pemasaran)
c. Lingkungan Non - Pemasaran Internal
Kekuatan non-pemasaran lainnya adalah lokasi perusahaan, penelitian dan pengembangan ketangguhan. Kekuatan internal merupakan integral (kepentingan) dalam organisasi dan dikendalikan oleh manajemen.
STRATEGI PEMASARAN
A. Memahami Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam kaitannya dengan kondisi lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan perubahan strategi dalam pemasaran yaitu:
1. Siklus hidup produk
Strategi harus disesuaikan dengan tahapan siklus hidup, yaitu tahap pengenalan, tahap pertumbuhan, tahap kematangan dan tahap kemunduran.
2. Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
3. Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan ke depan, apakah ekonomi berada dalam situasi yang makmur atau inflasi tinggi.
B. Jenis Strategi Pemasaran
Berbagai strategi pemasaran meliputi:
1. Strategi kebutuhan primer
Strategi pemasaran untuk mendesain kebutuhan primer termasuk:
1. Tingkatkan jumlah pengguna dan
2. Tingkatkan jumlah pembeli.
2. Strategi Kebutuhan Selektif
Yaitu dengan:
a.Mempertahankan pelanggan misalnya:
1. Menjaga kepuasan pelanggan;
2. Sederhanakan proses pembelian;
3. Kurangi daya tarik atau waktu untuk berganti merek;
b. Akuisisi pelanggan (Acquistion Strategier)
1. Mengambil kepala - untuk memposisikan posisi
2. Mengambil posisi yang berbeda (diferensiasi positin)
Lebih jelasnya, strategi pemasaran dapat dibagi menjadi empat jenis:
1. Merangsang kebutuhan primer dengan meningkatkan jumlah pengguna.
2. Merangsang kebutuhan primer dengan meningkatkan tingkat pembelian.
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
4. Merangsang kebutuhan selektif dengan menarik pelanggan baru.
Itulah Sistem dan strategi pemasaran yang meningkatkan pendapatan yang dapat kami uraikan, diambil dari salah satu buku berbahasa english dan kami translate. semoga bermanfaat.
Berikan pendapat anda tentang "Sistem dan strategi pemasaran yang meningkatkan pendapatan"
Posting Komentar