-->

Membangun jejaring sosial yang efektif untuk perluasan bisnis

          Misalnya Via yang baru mengembangkan startup yang membuat produk minyak aroma terapi untuk pelanggan di seluruh Indonesia. Via sangat ahli soal aroma terapi, tapi ia punya banyak pertanyaan tentang menjalankan bisnis ini.

          Mulai cara mendapat bahan baku, mencari pegawai, hingga mencari pelanggan baru. Via mendengar ia bisa bergabung di beberapa grup untuk mendapat info dan kiat dari orang yang bekerja di industri yang sama. Bagaimana cara untuk mengenal dan berdiskusi dengan mereka?

membangun jejaring sosial yang efektif

          Via mendengar ia bisa bergabung di beberapa grup untuk mendapat info dan kiat dari orang yang bekerja di industri yang sama. Bagaimana cara untuk mengenal dan berdiskusi dengan mereka?

Membangun jejaring sosial  yang efektif untuk perluasan bisnis

          Kenapa jejaring penting untuk perkembangan profesionalku? Bagaimana cara membangun jejaring? Bagaimana memanfaatkan acara jejaring secara maksimal?.
Inti dari jejaring adalah membangun hubungan profesional. Anggap saja seperti keluarga besarmu dalam bidang bisnis. Baik kamu pemilik bisnis, pegawai, atau pencari kerja, punya jejaring profesional yang kuat sangatlah berharga, Kamu memang unik, tapi tantangan dan kesempatan yang kamu hadapi sebenarnya umum terjadi.

          Dari jejaringmu, kamu bisa belajar cara orang menghadapi situasi yang sedang kamu hadapi. Kamu bisa belajar dari keberhasilan dan kegagalan mereka, lalu mencari jalan terbaik untukmu. Kamu juga bisa menghubungi jejaringmu saat mencari pembeli, pekerjaan, atau modal. Meskipun kenalanmu tak bisa membantu secara langsung, mereka mungkin kenal orang dari jejaring mereka yang bisa membantumu.

          Ingat Hati-hati: Membangun jejaring hanya untuk membantu diri sendiri bisa membuat orang kesal. Bagikan juga pengalaman dan kiatmu. Ini akan membantu jejaringmu belajar dari dirimu, dan membangun hubungan yang tulus. Semua saling membantu.

          Membangun jejaring memang menguntungkan, tapi tak selalu mudah, Berikut beberapa langkah untuk membantumu memulai. Yang terpenting, kamu harus berkomitmen. Mungkin terasa menakutkan untuk memulai pembicaraan dengan orang yang belum kamu kenal. Tapi bayangkan pengetahuan yang bisa kamu pelajari dari mereka.

          Menentukan waktu minimum untuk membangun jejaring juga sangat membantu. Bisa satu jam seminggu atau satu jam sehari, punya jadwal akan membantu memastikan membangun hubungan profesional jadi prioritasmu. Lalu, tentukan kegiatan yang akan kamu lakukan. Bisa berdiskusi lewat telepon, minum kopi bersama, atau bertemu orang-orang yang kamu anggap bisa memberi inspirasi -- apapun yang membantumu menjalin hubungan.

          Ingat Kamu bisa mengembangkan jejaring kapan pun dan dimana pun. Jika kamu tampil profesional dan sopan, banyak orang yang mau berbagi pengalaman. Karena mereka juga tahu pentingnya mengembangkan jejaring.

          Mengembangkan jejaring bisa dilakukan kapan pun, dimana pun. Tapi penting juga untuk tahu kapan dan dimana tempat untuk menjalin hubungan yang bermanfaat. Mulailah dengan mencari tahu organisasi atau acara yang terkait dengan bisnismu. Biasanya diikuti oleh orang yang punya minat sama denganmu dan sama-sama ingin membangun jejaring.

Contohnya Via.

          Ia tahu pertemuan produsen minyak aroma terapi adalah kesempatan penting membangun jejaring. Tapi pameran produk organik yang diadakan oleh komunitas petani di kotanya memberi kesempatan berjejaring. Kamu juga bisa bertemu orang dengan minat sama di luar industrimu. Banyak perkumpulan alumni, komunitas, dan organisasi sosial yang mengadakan acara pertemuan bagi anggotanya untuk bersosialisasi.

Tips

          Ajak rekan bisnis atau teman ke acara jejaring. Kalian bisa berdiskusi tentang info yang didapat, dan mereka bisa membantumu fokus pada tujuanmu. Tapi jangan menghabiskan waktu bicara dengan temanmu saja: ingat, tujuan utamamu adalah mengembangkan jejaring.

Jejaring sangat penting untuk perkembangan profesionalisme, dan semakin kamu siap untuk menjalin hubungan, hasilnya akan semakin menguntungkan. Apa yang harus kamu lakukan untuk menambah kontak.
          Dari sisi personal, kepedulian terhadap tim perlu dibuktikan melalui tindakan yang didasari kecerdasan emosional, empati, dan belas kasih. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk membaca suasana hati orang lain dan meresponnya dengan tepat. Apakah tim sedang senang, marah, atau frustrasi? Lalu mencari cara terbaik untuk mendiskusikannya bersama.

          Sedangkan empati berarti kemampuan untuk melihat dari sudut pandang orang lain. Kamu bisa memahami emosi dan pemikiran orang lain dalam menyikapi suatu masalah. Empati berbeda dengan belas kasih, yaitu dorongan untuk membantu orang saat mengalami masalah. Jika empati membantumu memahami masalah orang, belas kasih membantumu bekerja bersama mereka untuk mencari solusi.

          Bahkan, belas kasih bisa membantu mengurangi stres. Memang melelahkan melihat masalah dari sudut pandang orang lain, tapi sekaligus membuatmu merasa berdaya karena bisa melakukan sesuatu untuk orang lain. Tak semua orang secara alami memiliki kemampuan berbelas kasih. Namun, kemampuan berbelas kasih bisa dipelajari dan dikembangkan.
ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "Membangun jejaring sosial yang efektif untuk perluasan bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel