-->

Perubahan Cuaca Penyebab Datangnya Berbagai Penyakit

Kini masa pemanasan global yang berpengaruh mengakibatkan cuaca berlangsung tidak menentu. Kadang kala dalam sehari matahari bersinar sangat terik, namun kemudian hari hujan turun dengan sangat derasnya.

Perubahan Cuaca Penyebab Datangnya Berbagai Penyakit

Jika pada tahun tahun yang lalu cuaca mudah di tebak, hal ini kini tidak lagi.

Sekarang ini musim kerap berubah-ubah.

Dan di masa peralihan musim ini sering timbul berbagai penyakit yang menyerang anak-anak bahkan juga yang dewasa.

hujan lebat


Cuaca yang berubah derastis seperti ini membuat anak-anak bahkan dewasa terkena penyakit. Hal ini dikarnakan suhu tubuh betusaha keras menyesuaikan dengan  temperatur sekitar yang naik turun drastis pula.

Dan pada saat ini pulalah daya imunitas atau kekebalan anak-anak bahkan dewasa berkurang. Sehingga dalam musim percobaan ini sering sekali kita temukan anak-anak bahkan dewasa menderita berbagai penyakit.

Pada musim panas suhu meningkat dengan sangat drastis. Jika kita berlam-lama diluar ruangan tentu saja kepala kita akan berdenyut-denyut karena pusing. Jika hal ini menimpa anak-anak kita, tentu saja hal ini akan menjadi siksaan bagi mereka.


Selain itu kelembapan udara juga sangat tinggi. Kondisi ini jelas akan mempermudah bagi tumbuhnya berbagai macam virus, baik virus yang sudah ada maupun virus yang mengalami masa dorman atau mati sementara.


rentan penyakit


Penyakit umum muncul pada masa perubahan musim seperti iniadalah penyakit gangguan saluran pernapasan atas hingga flu burung. Karena cuaca yang tidak bersahabat, maka anak akan cenderung berada di dalam rumah. Interaksi anak yang sehat dan anak yang sakit di dalam rumah akan mempermudah tersebarnya penyakit.


Semua bagian tubuh manusia sebenarnya memiliki sistem kekebalan tubuh untuk membentengi diri terhadap penyakit. Sistem kekebalan tubuh ini merupakan hasil kerjasama berbagai organ, jaringan tubuh, sel, dan molekul yang secara keseluruhan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Secara garis besar, sistem kekebalan tubuh di bagi menjadi dua bagian:


1. Sistem kekebalan tubuh pada lini yang meliputi kulit, asam lambung, sel berbulu getar di pernukaan saluran napas, selaput lender dan saluran cerna.
2. Sistem kekebalan pertahanan sekunder yang terdiri dari sel-sel darah putih. Sel darah putih ini melawan potagen dengan cara membentukkan antibodi denagn menghancurkan sel yang berhasil di susupi patogen.

Ada beberapa hal yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Diantaranya adalah kurangnya asupan nutrisi yang seimbang, kurang istirahat, pola hidup yang tidak sehat, dan lain-lain.
ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "Perubahan Cuaca Penyebab Datangnya Berbagai Penyakit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel