-->

Dimasak atau Dimakan Mentah Si merah yang kaya vitamin

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari kelu4rga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merup4kan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. 

Dimasak atau Dimakan Mentah Si merah yang kaya vitamin


Tumbuhan ini memiliki buah ber4warna hijau, kuning, dan mer4h yang biasa dipakai sebagai sayur dalam mas4kan atau dimakan secara langsung tanpa diproses.

buah tomat

Dimasak atau Dimakan Mentah?.

Si merah yang kaya vitamin.

Ini pasti tidak asing lagi bagi Anda. Masing-masing individu mempunyai selera untuk mengonsumsi tomat. Ada yang langsung dim4kan mentah dan ada pul4 yang dimasak terlebih dahulu. 

Buah yang satu ini.

Banyak meng4ndung vitamin C, vit4min A, vitamin B, vitamin E, karbohidrat, protein, dan kalsium. Di samping itu, tomat juga mengandung likopen yang memberik4n warna mer4h pada tomat. Likopen pada tom4t sangat bermanfaat bagi tubuh, karena berper4n seb4gai antioksidan dan melindungi tubuh dari kanker. Satu potong tomat meng4ndung sebanyak 515 mikrogram likopen.


Sehubung4n deng4n cara konsumsi tomat, baik dimas4k ataupun dimakan mentah, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menurut jurnal Agriculture and Food Chemistry, tomat lebih baik bila dimasak terlebih dahulu. Sebab, tomat yang dimas4k dalam waktu 15 menit d4p4t meningkatkan 171% kadar likopen. Karena saat dim4sak, kadar air dalam tomat akan berkurang. 

Dengan demikian, konsentrasi likopen akan semakin b4nyak dan semakin mudah diserap oleh tubuh. Say4ngnya ada sisi buruknya. K4ndungan vitamin C dalam tom4t akan berkurang sebanyak 15% bila dim4sak dalam waktu 15 menit saja.

J4di sebelum mengonsumsi tomat, sebaiknya p4stikan terlebih dahulu m4na yang Anda ingink4n. Meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh dengan mem4nfaatkan likopen? Atau, meningk4tkan daya tah4n tubuh dengan tingginy4 kadar vitamin C.

Jadi, deng4n mana cara mengonsumsi tomat y4ng akan Anda pilih hari ini?
Dimasak atau dim4kan mentah? Pastikan hal tersebut sesuai dengan kebutuh4n Anda, dan jangan lupa nantikan artikel-artikel yang sangat menarik lainnya dari viablogers, berbagi tanpa tiada henti adalah visi dari viablogers yang akan selalu menemani hidup sehat dan manja anda sepanjang waktu, selamat menikmati hidup sehat.
ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "Dimasak atau Dimakan Mentah Si merah yang kaya vitamin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel