-->

Kunci Sukses dan Tahapan Memulai Usaha Kecil

Memulai usaha atau bisnis baik usaha kecil atau bisnis kecil membutuhkan modal yang sangat besar besar. Modal yang sangat besar adalah kunci keberhasilan dari setiap usaha kecil atau bisnis kecil, Modal yang sangat besar disini bukan uang. Modal besar itu adalah ketekunan, itulah kunci keberhasilan. Tanpa ketekunan, baik usaha kecil maupun tidak akan membuahkan apa-apa jika harapan dengan ketekunan bertolak belakang.

Kunci Sukses dan Tahapan Memulai Usaha Kecil


Modal utama atau modal yang sangat besar itu adalah ketekunan, apapun usahanya jika hanya asal-asal tidak akan menuai hasil yang di harapkan. Ingat !, modal yang sangat besar itu ketekunan. Sebagai Tips kunci sukses dan tahapan memulai usaha kecil, akan dirangkum dibawah ini sebagai berikut:

usaha sukses

Amati, Pelajari dan Modifikasi.
Saat membuat usaha atau model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Anda kehendaki, lalu pelajari, amati, contek, modifikasi dan terapkan. Perlu diingat, semua bisnis pasti ada model yang sudah pernah ada, bila kita tidak dapat menemukan, atau model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata, sekarang bukan waktunya bermimpi tetapi berusaha dengan kontinu.

Cari Kemitraan untuk Berbagi Resiko.

Kalaupun butuh modal, usahakan untuk tidak menginvestasikan uang sendiri. Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, apalagi Anda belum paham betul dengan risiko yang nanti akan terjadi, maka carilah kemitraan. Jadi, jika semuanya tidak berjalan semua rencana, kamu tidak bakal bangkrut karena dana memulai tadi, dan tidak dikejar hutang.

Harga Waktu, Konversikan ke Uang.
Konversikan waktu yang kamu keluarkan untuk bisnis dengan uang. Beri nilai uang pada waktu kamu, misalnya saja Rp20.000,00 atau Rp10.000,00 per jam. Tujuannya adalah membantu saat kamu harus mengambil keputusan. Misalnya saja, sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan kamu membutuhkan waktu dua jam untuk pergi ke toko tersebut, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. Ini prinsip dasar dari menghargai waktu.

Lakukan Secara Maksimal.

Tahap awal memulai usaha, kamu harus bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan harus continue, namun jangan lupakan kesehatan kesehatan harus terjaga. Sebagai pengusaha pemula, kamu  tidak akan  membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan kamu, adalah kamu sendiri dan bos kamu juga kamu sendiri. itu yang luar biasa.


Hindari Perang Harga Dengan Menjual Kelebihan.
Hindari perang harga, dengan menjual kelebihan, bukan harganya. Saat kamu memulai usaha, sudah sewajarnya kamu agak frustasi memasarkannya, mengingat produk atau layanan kamu masih baru dan belum terlalu dikenal. Hindari bersaing pada harga, Jual kelebihan jasa atau produk kamu, kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk kamu lebih tinggi karena memiliki nilai atau kualitas yang lebih baik, namun sesuaikan kejujuran agar pembeli juga menjadi pengganti iklan.

Pengganti iklan maksudnya adalah jika komunikasi sesuai dengan kenyataan maka pembeli tersebut kan merekomendasikan produk atau atau jasa kamu, hingga dari mulut ke mulut. itu sangat pengaruh dari iklan yang sebenarnya.

Mengambil Karyawan.
Jika usaha kamu sudah mulai berjalan, jangan menunjukkan kekuatan sendirian. Mulailah untuk mengambil  karyawan seperlunya, namun dengan adanya karyawan bukan berarti kamu mengurangi pekerjaan yang biasa kamu lakukan. terus kontinu seperti biasa dan mulai lagi dengan cabang. Untuk itu, lakukan proses pengambilankaryawan dengan seperlunya, tanpa tergesa-gesa. Cari yang punya gairah di bidang tersebut. Karyawan adalah termasuk kunci  masa depan usaha kamu yang mulai meroket.



Manfaatkan Teknologi Terkini

Karena usaha kamu dapat meningkat 50 persen dengan berbasis online, maka gunakan teknologi terkini. Teknologi kini seperti aplikasi dan penyimpanan data dengan awan teknologi sangat murah dan membuat perusahaan kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar. Alokasikan waktu kamu untuk mempelajari beberapa perkembangan teknologi terbaru sehingga kamu bisa memanfaatkan teknologi rendah biaya yang ada di pasaran untuk menunjang peningkatan usaha kamu.

Dan Yang Terpenting Juga Jangan Takut Mencoba
Memulai suatu bisnis memang bukanlah hal yang mudah, banyak tantang dan kendala yang nantinya harus  di hadapi. Jangan pernah menyerah, karena disetiap tantangan yang  hadapi akan berlalu seiring waktu dan selalu ada pelajaran yang dapat di ambil. Tidak hanya itu, setiap kesulitan pada setiap tantangan akan membuat lebih ulet dan gigih. Jadi, jangan takut mencoba, coba Sekarang!.
ARTIKEL TERKAIT

1 Komentar untuk "Kunci Sukses dan Tahapan Memulai Usaha Kecil"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel