-->

Cara Mudah Mendapatkan Uang Gratis Dari Internet

Pada zaman serba digital seperti ini, mendapatkan uang dari internet bukan lagi hal yang tidak mungkin. Namun sudah berlomba-lomba belajar dan mendapat uang dari Internet. Memiliki penghasilan mulai dari ratusan dolar sampai puluhanribu dolar setiap bulannya. Dengan mendapatkan uang dari internet anda bisa membantu keuangan keluarga, atau bisa menambah uang jajan yang masih mahasiswa. Menjalani bisnis online ini modal yang dibutuhkan adalah ketekunan, sama hal-nya melakukan pekerjaan apapun.

Cara Mudah Mendapatkan Uang Gratis Dari Internet



atau


Berikut jabaran yang diperlukan untuk melakukan cara mudah mendapatkan uang gratis dari internet:

  • Perangkat Pendukung
Perangkat yang biasa digunakan berupa laptop, komputer, atau bisa smartphone juga tablet.
  • Koneksi Internet
Internet merupakan komponen utama untuk mendapatkan uang dari internet tersebut.
  • Pemahaman
cara mendapatkan uang gratis dari internet

Pemahaman untuk melakukan sesuatu itu harus dan wajib diketahui sebelum melakukan.

Untuk memahami dapat juga membaca tutorial yang disediakan oleh akun-akun tersebut yang penting jangan malas membaca.


  • Akun

Akun yang diperlukan berupa email, nomor handphone dan media sosial lainnya.

  • Rekening Bank dan Paypal
Rekening bank dan Paypal ini dibutuhkan untuk menerima pembayaran dari penghasilan anda.

Metode apa saja yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari internet, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan:

1. REVIEW WEBSITE DAN APLIKASI

Pada cara ini anda hanya bertujuan untuk memberikan review sebuah website, ataupun aplikasi. Setelah anda melakukan review situs ini akan memberikan bayaran anda. Jika sudah terkumpul sampai ke $ 10 maka akan membayar kepada anda. Berikut adalah 10 situs yang akan membayar kamu jika kamu berkerja untuk mereview website.


- Ferpection

Ini adalah perusahaan yang berbasis di Paris, Prancis. Perusahaan ini didirikan pada 2014 oleh Arnaud Limbourg dan Thibault Geenen. Mereka mengklaim memiliki lebih dari 50.000 penguji yang menghasilkan hingga $ 200 per bulan di waktu luang mereka.

Persyaratan - Anda hanya perlu laptop dan / atau smartphone. Tidak diperlukan mikrofon.
Apa yang harus kamu lakukan di sini? Anda harus menyelesaikan tugas singkat yang disebut misi di mana Anda memberikan review positif atau negatif tentang website atau aplikasi. Salah satu review Anda harus diprioritaskan. Seiring dengan review, Anda harus upload screenshoot layar dari apa yang Anda beri review.

Apakah ada tes kualifikasi di sini? Iya. Anda harus menyelesaikan review dua menit tentang halaman arahan di laptop atau smartphone Anda. Setelah review Anda disetujui, Anda menerima € 2. Jika tidak disetujui, Anda akan mendapatkan email review yang merinci apa yang Anda lewatkan dan apa yang perlu Anda lakukan.

Pembayaran - Anda dibayar sebulan sekali melalui PayPal. Setiap review akan diberikan kepada Anda sekitar € 10 dan ambang pembayaran adalah € 25.
Apa yang orang katakan online? - Situs yang legal dengan tim dukungan yang luar biasa. Tetapi memiliki ambang pembayaran tinggi € 25 dan waktu persetujuan untuk misi yang diselesaikan bisa agak panjang.

Di mana mendaftar? Tepat di sini di bawah ini  : https://ferpection.com/

- ENROLL

Enroll adalah perusahaan yang berbasis di Campbell, California. Mereka merekrut orang untuk menguji website, desain logo atau untuk melihat lihat di suatu situs web.

Persyaratan - Laptop atau smartphone. Anda dapat mengerjakan keduanya. Tidak perlu mic.
Apa yang harus Anda lakukan? - Tugas berkisar dari memilih antara dua website, desain logo, pengujian pada fungsi suatu web, dll. Durasi tugas dapat berkisar dari beberapa detik hingga beberapa menit.

Apakah ada tes kualifikasi? - Tidak, Yang harus Anda lakukan adalah mendaftar dengan email dan kata sandi dan mengisi beberapa survei sehingga mereka dapat mencocokkan beberapa tes untuk Anda.

Pembayaran - Mereka membayar sebulan sekali melalui PayPal minimal pembayaran 1$
Apa yang orang katakan online? - Situs sah yang memiliki ambang pembayaran terendah yang diketahui. Dapat menguji di platform apa pun - baik itu laptop atau seluler. Tetapi memiliki tugas yang terbatas dan tugas yang pertama datang dilayani terlebih dahulu.
Di mana mendaftar? - Mendaftar bisa di situs berikut : https://www.enrollapp.com/

- USABILITY HUB

Usability Hub memungkinkan untuk menentukan website mana yang lebih baik di antara keduanya dengan membiarkan pengguna memutuskannya. Ini juga memungkinkan perusahaan untuk memutuskan apakah halaman tertentu mencapai tujuannya atau tidak - yang berarti apakah, dalam skenario kehidupan nyata, tindakan yang diinginkan diambil oleh pengunjung atau tidak.

Persyaratan - PC atau Mac. Tidak diperlukan mikrofon.

Apa yang harus Anda lakukan? - Anda akan mendapatkan tugas singkat untuk menanyakan halaman arahan mana yang Anda sukai, tujuan apa yang dicapai halaman ini, dll. Tugas-tugas tersebut hanya membutuhkan beberapa detik untuk diselesaikan.
Apakah ada tes kualifikasi? - Tidak. Segera setelah Anda mendaftar, Anda akan mulai bekerja asalkan ada tugas yang tersedia.

Pembayaran - Mereka membayar sebulan sekali melalui PayPal segera setelah Anda mencapai $ 10. Setiap tugas bernilai 1 kredit dan 1 kredit sama dengan $ 0,10. Jadi Anda membutuhkan 100 kredit untuk mencapai $ 10.

Pekerjaan sangat mudah yang bisa dilakukan siapa pun. Anda tidak perlu keahlian khusus untuk memberikan pendapat Anda tentang seperti apa halaman itu. Tes sangat singkat. Tetapi mereka memiliki tes terbatas dan pembayaran mereka bisa memakan waktu hingga 3 minggu untuk diterima.
Di mana mendaftar? - Daftar disini : https://usabilityhub.com/testers

- USERBRAIN

Userbrain adalah situs web untuk menguji suatu website kegunaan di mana audio dan layar Anda akan direkam saat Anda mengunjungi setiap bagian website di sekitar situs web yang menyuarakan pendapat Anda melalui headphone. Anda juga bisa menguji aplikasi web dan prototipe sebelum mereka mempublikasikan ke pasaran.

Persyaratan - Laptop atau iPad / iPhone, mikrofon, ekstensi chrome, atau aplikasi iOS.

Apa yang harus Anda lakukan?

Anda harus mengutarakan pikiran Anda dengan lantang saat bernavigasi di sekitar situs web melakukan tugas seperti yang diperintahkan. Anda tidak boleh berhenti berbicara dan jangan pernah menguji situs sebelumnya yang sudah anda review. Klien mereka hanya ingin rekaman pengalaman pengguna saat pertama kali berkunjung. Anda dapat mengikuti tes di laptop atau di aplikasi iPhone atau iPad. Mereka saat ini tidak memiliki aplikasi android. Selain itu, seseorang harus masuk ke ekstensi Chrome mereka sebelum pengujian.

Apakah ada tes kualifikasi? Iya.

Ada tes screener yang harus Anda unggah agar mereka tinjau. Setelah tes screener Anda disetujui, Anda akan mulai mendapatkan undangan untuk tes yang sebenarnya.

Pembayaran

Mereka membayar $ 3 per 5-15 menit pengujian situs web. Setelah Anda memiliki $ 10 di akun Anda, Anda dapat meminta pembayaran. Mereka membayar melalui PayPal. Seseorang dapat mengambil tes baik di laptop atau desktop atau di iPad atau iPhone (Tidak ada fasilitas untuk pengguna android).

Dan mereka memiliki pembayaran minimum yang rendah $ 10. Mereka juga memiliki panduan dan tutorial gratis untuk menjadi penguji dan penguji baru. Namun Anda tidak akan diberi tahu tentang tes baru melalui email, Anda harus memeriksa dasbor mereka baik di laptop atau di aplikasi iOS mereka sendiri.

Di mana mendaftar? - Di sini untuk bisa kamu mendaftar : https://tester.userbrain.net/

- WhatUsersDo

Ini adalah perusahaan review yang akan membayar Anda untuk pendapat Anda tentang situs web atau aplikasi.

Persyaratan - Laptop (PC / Mac), mikrofon, dan perangkat lunak perekaman layar yang harus Anda punya.

Apa yang harus Anda lakukan?

Anda harus menyuarakan pikiran Anda dengan keras ketika Anda mengunjungi suatu situs web, melakukan tugas yang diperintahkan saat Anda melanjutkan. Anda mungkin juga harus mengisi beberapa kuesioner pada akhirnya.

Apakah ada tes kualifikasi? Iya.

Anda harus mengirim mereka tes sampel sebelum Anda diundang untuk tes berbayar.
Pembayaran - Mereka membayar sekitar $ 8 per 10-15 menit tes. Mereka membayar melalui PayPal pada tanggal 25 setiap bulan. Jika Anda berada di Inggris, mereka akan membayar Anda melalui transfer langsung.

Apa yang orang katakan tentang situs ini? Situs legal untuk mendapatkan uang tambahan. Anda diberitahu melalui email setiap kali ada tes yang tersedia. Tetapi tes jarang dan pertama datang pertama dilayani.
Di mana mendaftar? Tepat mendaftar anda bisa kunjungi : https://app.whatusersdo.com/app/apply

2. GET PAID TO SITES

Ini merupakan metode yang hampir sama dengan survey online, hanya saja ini jenisnya berbeda. Get Paid To ini memberikan imbalan uang ataupun menyelesaikan sesuatu dan aktifitas online pada website mereka. Beberapa website yang bisa anda gunakan untuk mencari uang dari internet.

- Swagbucks

Ini adalah situs untuk mencari uang secara online dengan mudah tanpa perlu memutar otak, cobalah Swagbucks. Situs web ini benar-benar akan membayar Anda untuk browsing2 dan bermain-main di internet, dengan hampir tidak ada syarat khusus untuk melakukan pekerjaan ini.

Setelah Anda mendaftar ke Swagbucks, Anda disarankan untuk mendownload software pencarian mereka ke komputer Anda. Dari sana, Anda akan mendapatkan poin untuk berbelanja online, menonton video yang ditargetkan, mencari di web, dan menyelesaikan survey survei. Setelah Anda mengumpulkan banyak poin, Anda dapat menukarnya dengan kartu hadiah ke Amazon.com dan Walmart.

Jadi Swagbucks ini akan membayar Anda dengan pion untuk berbelanja dan bukan uang. Tetapi kebanyakan orang dapat mengubah poin belanja itu menjadi uang tunai jika mereka kreatif - misalnya,Jika anda bisa mendapatkan barang di Amazon dan Walmart anda bisa langsung menjual ke kerabat/tetangga atau lainnya.

Langsung Kunjungi Websitenya : www.swagbucks.com

Opinion Outpost
Opinion Outpost akan benar-benar membayar Anda untuk menyuarakan pendapat Anda, menjawab pertanyaan-pertanyaan penting, dan mengambil survei mereka. Itu benar: Siapa pun yang mengatakan pendapat Anda tidak masalah adalah salah besar.

Yang harus Anda lakukan untuk memulai adalah mendaftar dengan akun email atau akun media sosial. Setelah melakukannya, Anda akan dipilih untuk survei yang dapat Anda selesaikan dengan imbalan uang tunai atau kartu hadiah untuk beli di iTunes atau Amazon. Plus, Anda juga bisa mendapatkan sebanyak banyaknya maksimal $ 10.000 tergantung dari anda untuk giat bekerja.

Silahkan kunjungi websitenya langsung : www.opinionoutpost.com

User Testing
User Testing adalah situs survei online lain yang memberikan imbalan kepada anggotanya karena memberikan pendapat mereka tentang taktik dan produk pemasaran. Di seluruh dunia, lebih dari 34.000 pelanggan dan perusahaan mengandalkan UserTesting untuk mengetahui teknik dan strategi pemasaran dan untuk mendapatkan wawasan tentang pikiran pengguna mereka.

Mendaftar gratis dan mudah. Hanya untuk mengunjungi situs web atau menguji aplikasi baru, Anda dapat dibayar $ 10. Tentu saja, berpartisipasi dalam beberapa kampanye dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak uang dari waktu ke waktu. Dan setiap kali, Anda dibayar $ 10 untuk sekitar 20 menit kerja atau kurang. Ini sangat mudah, silahkan anda langsung mencobanya.

Kunjungi langsung situsnya : www.usertesting.com

Smart Panel
Menghasilkan uang tunai dengan Smart Panel. Setelah Anda mengisi kuesioner tiga menit untuk melihat apakah Anda memenuhi syarat, Anda dapat dibayar untuk semuanya mulai dari hidup dan bernafas hingga menggunakan ponsel atau komputer seperti yang selalu Anda miliki.

Sebagai permulaan, Anda akan mendapatkan $ 5 hanya untuk memenuhi kualifikasi mereka. Setelah itu, Anda akan mendapatkan $ 5 per bulan hanya untuk menjaga aplikasi diinstal. Di luar pembayaran awal itu, Anda akan mendapatkan sejumlah uang hanya dengan menggunakan ponsel atau komputer seperti biasa - dan membiarkan Smart Panel menganalisis hasil pencarian Anda. Menurut Smart Panel, Anda dapat memperoleh hingga $ 110 dalam 12 bulan dan hingga $ 230 dalam 24 bulan - karena tidak melakukan apa-apa.

Langsung anda masuk ke : https://smartpanel.io/en-US/

Inbox Dollars
Jika Anda suka menonton video online (Siapa yang tidak suka menonton?), Inbox Dollars akan membayar Anda untuk mewujudkan impian Anda. Selain menonton video, Anda juga dapat dibayar untuk melakukan survei, membaca email, bermain game, belanja online, dan bahkan mencari di web. Sangat mudah sekali bukan?

Menurut mereka, mereka telah menggelontorkan lebih dari $ 43 juta hingga saat ini. Plus, mendaftar gratis dan mudah: Cukup masukkan email Anda, buat kata sandi, dan Anda bahkan akan mendapat $ 5 tunai uang tunai untuk bergabung. Setelah itu, jumlah uang yang akan Anda peroleh didasarkan pada berapa banyak tugas yang dapat Anda selesaikan.

Langsung anda bisa kunjungi websitenya : http://www.inboxdollars.com/

Membuat Blog

Banyak orang membuat blog untuk membagikan opini atau ‘memamerkan’ hasil karya.

Tapi ada juga, lho, yang membuat blog karena ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah. Sebagian lainnya justru berhasil mengembangkan blog hingga mendapatkan trafik yang ramai. Contoh perusahaan media yang sukses membangun popularitas blognya adalah Huffington Post.

Memang tidak semua blogger lantas sukses di Internet. Namun, jika tahu triknya, blog Anda pasti bisa membantu menghasilkan uang. Kalau tujuan utama Anda adalah memperoleh penghasilan online, buatlah blog dengan tujuan jangka panjang.

Beberapa tips buat blog yang perlu Anda ketahui:

Pilih topik umum. Misalnya kesehatan, keuangan, hubungan, hobi, atau pengembangan diri.
Buat konten yang berkualitas. Pelajari semua hal tentang SEO. Pelajari cara mengoptimasi blog dan memperbaiki peringkatnya di Google. Jalin relasi atau gabung komunitas blogger dan influencer.
Berikut peluang menghasilkan uang dari Internet melalui blog:

Melakukan iklan berbayar. Mengadakan kursus online dan menjual materi pembelajarannya.
Mempromosikan produk afiliasi.

Bergabung pada Program Afiliasi

Salah satu cara mendapatkan uang dari Internet adalah dengan bergabung di program afiliasi. Rekomendasikan atau ulas produk jualan merchant (penyelenggara program afiliasi) melalui website Anda dan sertakan link afiliasi. Saat pengunjung membeli produk melalui link tersebut, Anda akan memperoleh uang dari Internet dalam bentuk komisi.

Bitcatcha, misalnya, mengulas layanan hosting, aplikasi VPN, dan site builder. Setiap kali ada ulasan yang dipublikasikan, pasti ada link afiliasi di dalamnya.

Kemudian ada Wirecutter, yang menghasilkan uang cukup banyak dari afiliasi sampai-sampai New York Times mengakuisinya di angka 30 juta USD.

Ada juga Lucieslist, situs yang mengulas produk bayi, dan Outdoorgearlab yang mengulas perlengkapan kemah dan mendaki.

Ikutilah program afiliasi yang sesuai dengan niche blog. Jika tema blog Anda seputar teknologi dan komputer, program Afiliasi Hostinger adalah pilihan yang cocok.

Cara mendapatkan uang dari internet dengan bergabung di program afiliasi Hostinger

Setelah membuat akun afiliasi di Hostinger, Anda dapat mengakses dashboard affiliate marketing. Di sini, Anda bisa mengelola dan mengecek semua kampanye afiliasi. Gunakan materi afiliasi yang ada, seperti banner, ebook, dan infografis, dan tingkatkan penjualan melalui situs Anda.

Hostinger menawarkan banyak tipe hosting untuk Anda promosikan. Jika merasa bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan merekomendasikan produk lainnya, silakan konsultasi terlebih dulu dengan Account Manager.

Membangun Toko Online shop

Situs eCommerce, atau toko online, semakin populer belakangan ini untuk menghasilkan uang dari Internet. Terlebih lagi dengan adanya platform seperti WordPress dan WooCommerce yang mempermudah pembuatan situs eCommerce.

Kalau Anda lebih suka berjualan produk fisik, memiliki toko online sudah pasti pilihan terbaik.

Dua metode yang perlu Anda pertimbangkan agar toko online Anda sukses:

Membuat dan menjual produk ke sekelompok pembeli yang ditargetkan. Pastikan produknya sesuai dengan niche Anda.
Membeli barang-barang manufaktur yang harganya lebih murah dari luar negeri. Setelah itu, beri kemasan baru dan pasarkan kembali dengan harga lebih tinggi.
Bagi yang memilih metode pertama, Anda harus melakukan riset produk, pengembangan produk, dan juga testing produk.

Contoh toko online yang cukup sukses adalah SkinnyMe Tea, Beardbrand, dan Ratio Coffee.

Jika merasa metode pertama terlalu berisiko, coba metode kedua. Cari produk-produk populer di sejumlah platform, seperti AliExpress. Kemas kembali dalam nuansa yang baru dan pajang di toko online Anda.

4. Jadi Reseller Web Hosting
Hosting24 adalah bagian dari Hostinger. Provider ini juga menawarkan layanan web hosting. Namun, Hosting24 memiliki program reseller web hosting.

Program ini memberi kesempatan bagi siapa pun yang ingin memperoleh penghasilan dengan menjadi reseller hosting.

Cara mencari uang di internet dengan menjadi reseller hosting

Pada dasarnya, provider reseller hosting akan memberikan ruang server dedicated bagi usernya untuk membangun brand web hosting sendiri. 


Menawarkan Sistem Keanggotaan
Situs keanggotaan belakangan ini menarik banyak peminat. Proses pembuatannya juga mudah meskipun jumlah audiens yang berkunjung ke website jadi faktor utama.

Contohnya, Mark Manson mengelola blog bertemakan pengembangan diri. Di situsnya, ia menawarkan sistem keanggotaan sehingga pembaca bisa mengakses kursus online, video, dan artikel tambahan.

Terlihat bahwa audiens mengunjungi situs atau blog karena menyukai konten pembahasannya serta cara penyampaiannya. Orang-orang ini kemungkinan besar akan jadi pengunjung setia di blog Anda.

Nah, di sinilah Anda bisa menawarkan sistem keanggotaan agar pengunjung bisa mengakses konten premium.

Tidak semua orang akan tertarik dengan promo keanggotaan Anda. Namun, promo ini akan jadi tawaran yang spesial bagi mereka yang suka dengan konten di blog Anda.

Sistem keanggotaan ini bergantung pada tipe atau tema website dan banyaknya konten premium yang hendak dibuat. Jika tertarik dengan salah satu cara mendapatkan uang dari internet ini, silakan baca tutorial cara membuat website keanggotaan di WordPress.

Membuat Blog Edukasi
Buatlah blog berisikan satu topik penting. Misalnya Anda memiliki blog yang membahas teknik pertukangan. Lalu Anda sudah berhasil mengajak pengunjung untuk berlangganan konten situs. Trafik pun naik dan stabil.

Nah, strategi berikutnya adalah menambahkan halaman layanan yang memuat info serta pelajaran tentang pertukangan. Pembelajaran ini bisa bersifat pribadi (per satu subscriber) atau melalui media, seperti Skype.

Membuat Website Sederhana
Buat website sederhana di platform WordPress dan tawarkan layanan yang Anda miliki ke pihak individu dan perusahaan.

Misalnya, Anda mencari lowongan pekerjaan untuk penulis lepas. Pilihlah niche yang tepat dan mulai bangun website sederhana.

Tambahkan beberapa halaman penting yang memuat informasi diri Anda, layanan yang ditawarkan, dan contoh hasil tulisan.

Cari leads dengan membuat guest post, wawancara podcast, atau menjalankan strategi cold outreach.

Kalau ingin mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, gabungkan kedua metode di atas.

Berbisnis Direktori Online
Meskipun tidak terlalu populer, direktori online bisa jadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah.

Sistemnya hampir sama dengan website loker. Hanya saja, kalau di website loker, pihak individu atau perusahaan harus membayar untuk memasang iklan atau pengunjung harus membayar biaya berlangganan untuk mengakses daftar lowongan kerja.

Nah, di direktori online, Anda-lah yang akan mendapatkan bayaran bulanan untuk satu directory listing.

Apalagi kalau situs Anda kredibel atau memiliki jumlah trafik yang tinggi, jasa direktori online akan memberi keuntungan berlebih.

Misalkan saja, topik utama situs adalah pengembangan dan desain web. Melalui situs ini, Anda kerap memproduksi konten berkualitas yang akhirnya mampu mendatangkan audiens yang banyak. Barulah Anda mulai membuat direktori agar web developer dan juga agensi bisa membeli listing.

Selain menyediakan authoritive backlink, direktori online juga bisa mendatangkan trafik ke suatu bisnis.

Biasanya akan ada biaya berlangganan bulanan agar perusahaan atau bisnis masuk dalam daftar. Bahkan ada juga biaya premium yang akan menjamin posisinya untuk terus berada di posisi atas.

Jual Website
Terakhir, cara mendapatkan uang dari website adalah dengan menjualnya.

Yap, Anda tidak salah membaca! Menjual website bisa menjadi salah satu cara menghasilkan rupiah. Namun tentu saja, keuntungan yang diperoleh tergantung pada tipe dan kualitas website.

Jualan Produk Kerajinan Tangan di Etsy
Ada banyak cara untuk menghasilkan uang tanpa harus keluar dari rumah, dan salah satunya adalah berjualan produk kerajinan tangan di Etsy. Apalagi kalau Anda sendiri yang memproduksi barang-barang tersebut.

Selain memperoleh penghasilan dari internet, Anda juga bisa memakai peluang ini untuk mengasah skill.

Jualan di Amazon
Amazon adalah salah satu marketplace online terbesar dengan lebih dari ribuan produk terdaftar. Anda bisa memanfaatkannya sebagai cara mencari uang di internet.

Untuk memulai, cari produk yang harganya murah atau sesuai dengan bujet. Kemudian, branding dengan merk Anda sendiri, lalu jual kembali dengan harga lebih tinggi.

Untuk pengirimannya, Anda bisa melakukannya sendiri atau bekerja sama dengan supplier/manufacturer. Mereka akan mengemas dan mengirim produk kepada pembeli.

Jadi YouTuber
Kalau Google mencakup semua jenis pencarian mulai dari teks hingga video, YouTube memfokuskan medianya untuk menampilkan berbagai video hiburan atau informatif.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari internet melalui YouTube? Ada dua cara, yaitu menggunakan sistem iklan yang disediakan dan mengarahkan subscriber untuk mengunjungi website atau media sosial Anda.

Apabila merasa nyaman di depan kamera dan ingin membuat video, bangun channel YouTube Anda sendiri. Tentukan tema channel Anda. Pada umumnya, ada dua tipe channel yang akan sukses menarik perhatian:

Video hiburan. Misalnya, web series, komedi, prank, ulasan, video ‘walkthrough’ untuk game, dan masih banyak lagi.
Video edukasi. Konten ini layaknya artikel ‘how-to’ yang divisualisasikan. Bila Anda memiliki kemampuan (skill) yang mumpuni atau ingin berbagai informasi apa saja, tipe video ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Jika sudah tahu tema seperti apa yang hendak ditampilkan di channel YouTube, langkah selanjutnya adalah membuat nama yang unik. Nama ini nantinya digunakan sebagai nama channel Anda.

Beberapa tips agar sukses jadi YouTuber:

Rekam dengan kamera berkualitas tinggi.
Coba beberapa gaya, format, dan teknik penyuntingan video sampai menemukan yang pas.
Optimasikan judul, deskripsi, dan gambar video untuk mendapatkan lebih banyak klik.
Atur jadwal publikasi video agar subscriber tahu kapan saja mereka bisa menonton video di channel Anda.

Melamar Sebagai Asisten Virtual
Jika Anda pintar dalam membuat dan mengelola perencanaan, menjadi asisten virtual bisa jadi cara untuk mendapatkan uang. Peran ini bertanggung jawab atas berbagai tugas, misalnya pembukuan (bookkeeping), entri data, email, riset, dan masih banyak lagi.

Selain bisa jadi sumber penghasilan, menjadi asisten virtual membuka peluang bagi Anda untuk berkenalan dengan orang penting, apalagi jasa ini semakin banyak dibutuhkan.

Saat ini pemilik bisnis kecil lebih suka menyewa jasa asisten virtual daripada mempekerjakan staff full-time. Lapangan kerjanya sendiri dapat diakses melalui situs, seperti Fiverr, Upwork, dan Remote.co.

Menjual Software atau Aplikasi Pemrograman
Mempelajari pemrograman membuka banyak peluang, misalnya mempersiapkan diri untuk menjadi pekerja lepas di bidang IT atau untuk membuat dan mengembangkan software sendiri.

Sudah banyak sekali software yang dikembangkan oleh perusahaan ternama, seperti Google Play atau Apple Store. Namun, developer di balik software tersebut tadinya juga adalah orang-orang biasa.

Berikut tips menghasilkan uang dari internet dengan mengembangkan software:

Lakukan riset pasar. Cari tahu aplikasi seperti apa yang paling dicari dan dibutuhkan.
Kembangkan versi MVP.
Mintalah kritik dan saran dari user dan beta tester.
Tindak lanjuti kritik dan saran tersebut.
Lakukan kampanye marketing sesuai bujet.
Sebagai referensi, Anda bisa membaca kisah Nathan Barry, pendiri ConvertKit, yang berhasil membangun startup software-nya.

Atau, Anda bisa jadi freelancer dengan mencari pekerjaan di Upwork dan Freelancer. Selain itu, juga ada Remoteok.io yang mengiklankan posisi programming remote.

Guru Bahasa Inggris Online
Bahasa Inggris menjadi pelajaran yang mau tak mau harus dikuasai sejak dini. Ada banyak syarat akademik maupun pekerjaan yang mengharuskan kita menguasai bahasa Inggris.

Nah, jika mahir berbahasa Inggris dan menguasai teorinya dengan baik, Anda bisa mencoba cara menambah penghasilan dari Internet dengan menjadi guru bahasa Inggris online.

Developer Website
Untuk menjadi developer website, Anda harus mempelajari coding terlebih dulu. Jika sudah mahir, kunjungi situs kerja, seperti Upwork dan Freelancer, dan cari pekerjaan yang pas untuk Anda.

Anda juga bisa membuat website dan menyertakan portofolio di dalamnya. Namun sebelumnya, tentukan niche terlebih dulu.

Misalnya, Anda hanya menawarkan jasa pembuatan website untuk agen real estate dan perusahaan manajemen properti atau Anda memfokuskan diri untuk mengembangkan website eCommerce dengan menggunakan platform WooCommerce dan WordPress.

Narator Buku Suara
Semakin populernya buku suara atau audio book belakangan ini menjadi tanda kalau sudah banyak orang yang beralih dari buku cetak ke buku suara. Mereka lebih suka ‘mendengarkan buku’ daripada membacanya. Hanya saja, koleksi buku suara tidak sebanyak buku cetak.

Jika Anda suka membaca dan memiliki suara yang bagus, narator buku suara bisa jadi pekerjaan yang menjanjikan.

Narator buku suara

Bagi yang baru pertama kali, bisa bergabung di ACX dengan membuat akun terlebih dulu. Platform ini akan mempertemukan narator dan penulis buku.

Persiapkan juga mikrofon dengan kualitas suara yang jernih dan software untuk merekam. Lalu buat beberapa contoh suara ketika Anda membaca buku.

Jika ingin memperluas jangkauan, buat akun di Upwork dan pilih pekerjaan narator buku suara (audibook narration).

Desainer Grafis
Bagi yang punya kemampuan desain atau sering menggunakan software Photoshop dan Illustrator, bekerja sebagai desainer grafis bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet.

Cobalah untuk bergabung di platform designs. Jika klien menyukai hasil desain Anda, mereka pasti akan menghubungi Anda untuk bekerja sama.

Admin Media Sosial
Aktif di media sosial bisa jadi salah satu peluang untuk menghasilkan duit. Apalagi kalau Anda sudah paham betul manfaatnya media sosial untuk membangun persona dan juga bisnis. Anda bisa menawarkan jasa kepada individu atau pemilik bisnis yang membutuhkan admin media sosial.

Manfaatkan website edukasi seperti Hootsuite Academy untuk mempelajari materi seputar media sosial. Setelah itu, cari pekerjaan admin media sosial di situs seperti Upwork dan Freelancer.

Hootsuite academy

Dengan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki, Anda juga bisa membangun layanan admin media sosial sendiri.

Buat Podcast
Anda suka berbagi cerita atau mengulik informasi dengan melakukan wawancara? Podcast bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet, bahkan tanpa harus memakai pembayaran PayPal.

Podcast digemari karena bisa menjadi teman dalam segala situasi, baik saat di perjalanan, bekerja, maupun bersantai.

Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjadi podcaster sukses: kualitas audio dan konten yang berisi.

Untuk mengetahui cara kerja podcast, luangkan waktu dan dengarkan podcast di iTunes atau Spotify. Dengarkan beberapa podcaster, kemudian catat persamaan yang dimiliki, seperti seberapa menarik kisah yang diceritakan, komedi atau humornya, keunikan perspektifnya, dan ciri khasnya.

Penghasilan dari podcast bergantung pada jumlah follower dan seberapa sering podcast Anda didengar. Semakin banyak follower dan jumlah unduhan podcast, semakin tinggi penghasilan yang diperoleh.

Berikut beberapa tips agar podcast makin untung:

Jual produk dan layanan yang berhubungan dengan topik podcast.
Lengkapi podcast dengan buat website keanggotaan.
Tawarkan sponsorship atau kerja sama di setiap awal episode podcast.
Membuka donasi untuk podcast.
Penulis Lepas
Sebenarnya, sudah sejak lama aktivitas menulis mampu menghasilkan uang bagi seseorang, apalagi di dunia online. Bahkan Anda tidak perlu khawatir jika belum memiliki pengalaman di bidang ini.

Pertama-tama, pilih topik dan tipe konten yang hendak ditulis. Misalnya:

Blog post untuk situs SaaS
Teks copy atau pemasaran di website real estate
Pesan email pemasaran untuk website kesehatan dan kebugaran
Setelah memilih topik, buat beberapa contoh tulisan agar lebih mudah dalam mencari pekerjaan. Anda bisa memanfaatkan platform freelancer atau mengunggah contoh tulisan ke website, seperti Medium atau LinkedIn.

Micro Job
Micro task atau micro job merupakan tugas atau pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kecerdasan manusia untuk diselesaikan. Bahkan di era yang semuanya serba otomatis ini, ada pekerjaan-pekerjaan tertentu yang hanya bisa dilakukan oleh manusia.

Pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan yang kecil dan sederhana serta tidak membutuhan kemampuan teknis apa pun. Misalnya, Anda diminta mengecek kembali hasil pencarian untuk keyword yang diberikan, menerjemahkan paragraf, atau mengategorikan tone dan feel dari sebuah artikel.

Anda hanya membutuhkan komputer dan koneksi internet. Salah satu platform yang menyediakan pekerjaan ini adalah Amazon Mechanical Turk.

Survei Online Berbayar
Survei online berbayar memang belum bisa memberikan penghasilan yang besar. Namun, opsi ini bisa menjadi cara mendapatkan uang tanpa modal besar.

Anda juga tidak harus punya skill khusus. Kompensasi yang diperoleh berupa uang tunai, kupon, hadiah, atau kartu hadiah.

Pinecone research

Biasanya pihak pelaksana survei akan meminta informasi demografis untuk mengetahui latar belakang dan minat Anda. Setelah itu, Anda bisa langsung melakukan survei online.

Contoh empat situs untuk survei berbayar:

SendEarnings
Pinecone Research
i-Say
Pro Opinion

 Bergabung di Clarity.FM
Coba bergabung di situs seperti Clarity.FM, Savvy.is, dan Coach.me dan bagikan keahlian Anda. Ketiga situs ini akan menghubungkan Anda dengan banyak klien.

Meskipun pendapatan yang dihasilkan tidak begitu banyak, bergabung di Clarity.FM bisa menjadi salah satu cara memperoleh penghasilan di internet dalam waktu cepat. Cukup buat akun untuk membagikan informasi atau pengetahuan yang dimiliki.

Bergabung di Perusahaan yang Menawarkan Kerja Remote
Jika menginginkan karier baru, atau tidak ingin terjebak dalam kondisi yang begitu-begitu saja, cobalah mencari pekerjaan dengan sistem remote. Banyak perusahaan saat ini mencari karyawan paruh waktu (part-time) dan penuh waktu (full-time) dengan sistem WFH.

Solidgigs

Umumnya posisi remote yang ditawarkan seperti customer support (bantuan pelanggan), desainer, atau mungkin jabatan yang sedang Anda geluti saat ini.

Informasi pekerjaan remote bisa dicari melalui internet, misalnya dengan mengunjungi beberapa situs seperti Flexjobs, SolidGigs, We Work Remotely, dan Remote.

 Penerjemah Subtitle Film (Subtitler)
Jika menguasai bahasa asing, cobalah menjadi penerjemah lepas untuk subtitle film (subtitler). Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Anda harus punya kemampuan bahasa asing yang mumpuni, serta suka menonton film, mengikuti perkembangan dunia film, tidak cepat bosan ketika duduk berjam-jam karena harus menyimak jalan cerita, dan yang terpenting, bisa bekerja cepat di bawah tekanan.

Nah, kalau tertarik di bidang ini, Anda bisa mencoba melamar melalui situs seperti Jobstreet, SribuLancer, atau Upwork.

Nah tinggal pilih saja, mana yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan uang dari internet.
ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "Cara Mudah Mendapatkan Uang Gratis Dari Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel