-->

Kenapa Koneksi Internet Saya Lambat

Artikel ini akan membantu Anda memilah hal-hal apa yang bisa salah, mempelajari apa yang dapat Anda lakukan tentang hal itu, dan menemukan cara mendapatkan hasil maksimal dari koneksi Internet Anda.

Jenis koneksi yang anda miliki membuat perbedaan
Jenis koneksi internet yang anda gunakan adalah faktor terpenting dalam menentukan kecepatan koneksi anda. Tiga cara paling umum untuk terhubung ke Internet dari rumah adalah dial-up, DSL, dan kabel. Jika anda punya pilihan, kabel biasanya yang tercepat, tetapi DSL dan kabel lebih cepat daripada dial-up.

Kenapa Koneksi Internet Saya Lambat

Banyak penyedia internet juga menawarkan Layanan Fiber Optic (FiOS), yang menghubungkan ke Internet menggunakan cahaya melalui jaringan optik. Di rumah anda, anda masih menghubungkan komputer anda melalui kabel tembaga.

Keuntungan dari FiOS adalah dapat memberikan kecepatan lebih tinggi daripada koneksi kawat tembaga tradisional seperti DSL atau kabel. Beberapa penyedia Internet menawarkan beberapa opsi, tergantung pada area tempat anda berada. Area yang lebih padat kemungkinannya memiliki FiOS. Tanyakan kepada perusahaan telepon atau penyedia Internet Anda untuk informasi lebih lanjut.
kenapa koneksi internet saya lambat

Jika Anda menggunakan koneksi dial-up.

Ada beberapa cara bagus untuk mengoptimalkan kecepatan Internet anda. Pertama, gunakan modem tercepat yang anda bisa. Modem tercepat yang dapat anda gunakan akan mengirim dan menerima informasi dengan kecepatan 56 kilobit per detik (Kbps). Anda tidak akan mendapatkan kecepatan 56 Kbps penuh sebagian besar waktu, tetapi dengan saluran telepon yang baik, anda harus mendekati setidaknya 45-50 Kbps.

Kedua, pastikan saluran telepon Anda dalam kondisi baik. Jika kabel telepon di rumah atau bisnis Anda sudah tua atau memburuk, anda mungkin menerima sinyal menyimpang atau bicara silang dari saluran telepon lain. Masalah-masalah ini akan memperlambat koneksi Internet anda karena modem harus mengirim informasi yang sama berulang-ulang sampai dikirim tanpa gangguan.

Periksa kabel telepon anda untuk memastikan kabelnya tidak rusak, terkelupas, atau terpuntir di sekitar kabel listrik atau telepon lainnya. Jika Anda melihat keretakan di ponsel Anda, Anda mungkin ingin menghubungi penyedia ponsel Anda untuk memeriksanya di dalam dan di luar rumah Anda untuk memastikan mereka dalam kondisi baik.

Kiat untuk pengguna jaringan nirkabel

Saat menghubungkan ke jaringan nirkabel (Wi-Fi), kecepatan koneksi Internet anda dapat dipengaruhi oleh lokasi komputer anda dan apakah perangkat nirkabel lain berada di area yang sama. Jaringan nirkabel beroperasi pada frekuensi yang mirip dengan yang digunakan oleh perangkat lain, seperti oven microwave atau telepon nirkabel.

Mengoperasikan telepon nirkabel 2,4 gigahertz (GHz) di sebelah laptop nirkabel 2,4 GHz anda dapat menyebabkan gangguan, atau sepenuhnya memblokir koneksi jaringan nirkabel. Jika anda ingin melakukan panggilan telepon saat menjelajahi web, gunakan telepon kabel atau telepon nirkabel yang beroperasi pada frekuensi yang berbeda dari jaringan nirkabel anda.

Jarak ke titik akses nirkabel atau router, serta penghalang fisik, dapat mempengaruhi kualitas koneksi Internet anda. Untuk meningkatkan kecepatan koneksi anda, bergerak lebih dekat ke titik akses dan pastikan tidak ada penghalang fisik antara titik akses dan komputer anda.

Masalah komputer: spyware, virus, dan program lainnya
Kesehatan komputer anda dapat memengaruhi koneksi Internet anda. Spyware dan virus pasti dapat menyebabkan masalah, tetapi kecepatan koneksi Internet anda juga dapat dipengaruhi oleh program tambahan, jumlah memori yang dimiliki komputer, ruang dan kondisi hard disk, dan program yang sedang berjalan.

Dua penyebab paling sering dari kinerja Internet yang buruk adalah spyware dan virus. Spyware dapat memperlambat sistem Anda dengan mengganggu browser anda dan memonopoli koneksi Internet anda. Spyware memonitor penggunaan dan penekanan tombol Internet anda, yang menambah penundaan. Masalahnya diperparah ketika ada beberapa program spyware yang berjalan secara bersamaan.

Jika masalahnya cukup parah, anda bisa kehilangan konektivitas sama sekali. Untuk mendapatkan kinerja Internet Anda kembali, Anda harus secara teratur menjalankan program antispyware untuk membersihkan segala infestasi spyware. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Memindai spyware dan perangkat lunak lain yang mungkin tidak diinginkan.

Virus komputer juga dapat menyebabkan kinerja Internet yang buruk. Ketika virus menginfeksi komputer, ia menginstal kode komputer yang akan mencoba menyebarkan dirinya, biasanya dengan mengirimkan salinan dirinya melalui email.

Beberapa virus dapat berkembang biak dengan kecepatan ratusan pesan e-mail per menit, yang menyisakan sedikit daya komputasi dan bandwidth koneksi Internet untuk hal lain. Virus sering tidak memberikan indikasi yang jelas bahwa mereka sedang berjalan, jadi yang terbaik adalah menjalankan perangkat lunak antivirus Anda setiap saat. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menangani virus, lihat Virus: pertanyaan umum.

Pengaya peramban juga menyebabkan masalah kinerja.
Pengaya browser adalah program, seperti pengaya multimedia, bilah pencarian, atau program lain yang biasanya muncul di bilah alat browser Anda. Banyak add-on browser dapat menambah pengalaman browsing yang kaya, menawarkan multimedia atau melihat dokumen khusus. Namun, beberapa add-on dapat memperlambat koneksi Internet Anda.

Jika Anda curiga bahwa add-on menyebabkan kinerja lambat, coba mulai Internet Explorer dalam mode Add-on nonaktif. Add-on dinonaktifkan hanya untuk sesi ini, tetapi jika Anda menemukan peningkatan kinerja Anda, Anda dapat menggunakan Add-on Manager untuk mematikannya secara permanen. Untuk mengakses Add-on Manager dari Internet Explorer, klik tombol Tools, lalu klik Manage Add-ons. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Bagaimana pengaya browser memengaruhi komputer saya?

Seperti semua program komputer, Internet Explorer memerlukan sejumlah daya komputasi, memori, dan ruang disk untuk berjalan secara efisien. Setiap halaman web yang anda lihat pertama kali diunduh ke memori dan kemudian disimpan ke file disk sementara. Menjalankan program lain yang menggunakan banyak memori dan daya komputasi dapat bersaing dengan Internet Explorer dan menyebabkan penundaan.

Jika koneksi Internet anda berjalan lambat dan ada program lain yang sedang berjalan, coba tutup. Jika anda ingin menjalankan beberapa program, pertimbangkan untuk menambah memori yang ada di komputer anda. Ruang disk yang rendah juga dapat menyebabkan masalah kinerja. anda dapat menambah ruang disk anda dengan menghapus file sementara Internet Explorer. Untuk mempelajari cara menghapus file sementara, lihat Hapus riwayat halaman web.

Kadang-kadang, pengaturan diubah di Internet Explorer yang mungkin dapat mempengaruhi cara kerja Internet Explorer. anda dapat mengatur ulang Internet Explorer ke pengaturan default. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Mengatur ulang pengaturan Internet Explorer. Menyetel ulang Internet Explorer tidak dapat dibalikkan, jadi anda harus membaca daftar pengaturan yang terpengaruh sebelum mengatur ulang.

Faktor luar yang memengaruhi kecepatan koneksi
Sayangnya, ada beberapa peristiwa dan kondisi yang berada di luar kendali anda. Bahkan dengan koneksi yang cepat, faktor-faktor eksternal, seperti situs web yang sibuk atau penyebaran virus komputer, dapat memperlambat keseluruhan web.

Situs web populer dapat menjadi kewalahan dengan pengguna. Misalnya, ketika iklan televisi menyebutkan sebuah situs web, banyak orang mungkin mencoba mengunjungi situs tersebut secara bersamaan. Jika situs web tidak siap untuk menangani lalu lintas, Anda mungkin mengalami penundaan.

Selama masa wabah virus komputer yang berat, Internet dapat melambat. Banyak virus menyebar dengan menyebabkan komputer mengirim ratusan atau ribuan salinan virus. Ini dapat memperlambat Internet dengan volume yang tipis. Anda dapat melihat wabah besar apa yang sedang terjadi dengan mengunjungi situs web vendor antivirus Anda, atau situs web Security at Home.

Kemacetan Internet lokal juga dapat menghasilkan kecepatan koneksi yang lebih lambat dari biasanya. Perlambatan ini terjadi ketika banyak orang mencoba terhubung ke Internet pada saat yang sama, dan mereka paling sering terjadi pada waktu aktivitas puncak, seperti setelah jam sekolah ketika siswa pulang dan terhubung ke web.

Jika Anda berada di jaringan perusahaan, penggunaan jaringan umum dan server proxy dapat memengaruhi kinerja Internet Anda. Sebagian besar administrator jaringan memantau penggunaan Internet, dan akan berusaha mencegah orang melakukan hal-hal seperti mengunduh file besar selama jam sibuk. Jika Anda menemukan bahwa akses Internet Anda lambat di kali, Anda mungkin membicarakannya dengan administrator jaringan Anda.
ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "Kenapa Koneksi Internet Saya Lambat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel