-->

Perluasan Bisnis Internasional Dengan Mitra yang Tepat

Pelanggan yang memesan produk dari negara lain tetap mengharapkan layanan istimewa. Karena itu kamu harus punya perencanaan untuk memenuhi pesanan global serta menawarkan jaminan ketersediaan barang pada pasar internasionalmu.

Memasuki suatu pasar internasional berarti berurusan dengan perizinan bea dan cukai serta aturan pajak yang rumit. Di situlah peran mitra logistik pihak ketiga (3rd Party logistics partner/3PL).

perluasan bisnis internasional dengan mitra yang tepat


Perluasan Bisnis Internasional Dengan Mitra yang Tepat

  • Apa yang harus kuketahui tentang pengiriman internasional sebelum memperluas bisnis ke pasar baru?
  • Apa itu mitra logistik pihak ketiga dan bagaimana mereka dapat membantu bisnisku?
  • Bagaimana memilih mitra logistik pihak ketiga yang tepat untuk bisnisku?

Misalnya Via adalah pencinta sepeda yang tinggal di Jakarta. Via kerap ikut touring bersama komunitas pesepeda ke berbagai daerah di Indonesia.

Via mengikuti media sosial sebuah perusahaan sepeda Amerika karena suka sepeda buatan mereka. Via gembira karena mengetahui perusahaan tersebut mulai menjual dan mengirimkan sepeda mereka ke Eropa dan Asia.

Via segera mengunjungi website perusahaan sepeda tersebut untuk memesan sepeda yang sudah diincarnya sejak lama. Namun saat menelusuri proses pembelian, Selly ragu-ragu. Ia tidak yakin dengan pilihan pengirimannya.

Mengembangkan bisnis online secara global dapat meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnismu. Tapi urusan pengiriman bisa jadi sangat menantang. Pelanggan terbiasa membayar biaya kirim yang wajar dan mendapatkan pesanan mereka dengan cepat. Mereka juga ingin pesanan sampai dalam kondisi baik. (Selly tidak bisa ikut touring dengan sepeda yang rusak.)

Mitra logistik seperti FedEx, DHL, K&N, Ingram Micro, XPO, UPS atau Expansys dapat menangani kerumitan pengiriman internasional, misalnya saja mengelola impor (dari pemasok ke bisnismu) dan ekspor (dari bisnismu ke pasar internasional).

Contohnya Via membeli sepeda dari situs perusahaan Amerika. Mitra logistik akan mengambil sepeda dari perusahaan itu. (Beberapa mitra dapat menyimpan barang di gudang mereka. Ini bisa mempercepat pengiriman dan menghemat biaya.)

Setelah itu, mitra logistik akan melengkapi dokumen pengiriman (termasuk pajak serta bea dan cukai) dan bekerja sama dengan jaringan mitra global atau tim lokal mereka untuk mengirimkan sepeda kepada Selly.

Mitra logistik pihak ketiga (3PL)memudahkan proses ini karena mereka paham aturan ekspor impor yang berlaku atau produk yang terlarang di pasar tertentu. Mereka bisa memesan secara otomatis dan memastikan produk dikirim tanpa cacat dengan segera.

Manfaat memakai mitra logistik:

  • Stres Berkurang dan Hemat Waktu

Mitra logistik membantu urusan pajak, bea cukai, tarif dan hal logistik lain yang menyita waktu.

  • Menekan Biaya

Biaya operasionalmu akan berkurang dan staf akan lebih cepat menyelesaikan urusan logistik.

  • Mengurangi Biaya Kirim

Mitra logistik bisa menekan biaya pengiriman dan membuatmu lebih hemat.

  • Perluasan Kilat

Jika penjualanmu bersifat musiman, mitra logistik bisa meningkatkan penjualan dengan cepat

Tips

Kamu bisa memilih mitra logistik.

Pihak ketiga yang berlokasi di negara sendiri, di negara lain, atau keduanya. Semua tergantung pada tujuan yang ingin kamu raih di pasar internasional. Saat memilih mitra logistik pihak ketiga, kamu perlu mencermati reputasi dan kinerja mereka. Selain itu ada hal-hal lain yang harus dipertimbangkan.

  1. Dari mana produkmu dikirimkan?
  2. Adakah mitra logistik yang bisa diandalkan dan terpercaya di lokasi itu?
  3. Ke mana produkmu dikirimkan?
  4. Adakah mitra logistik yang bekerja baik dan menawarkan harga lebih murah serta mengirimkan lebih cepat di sana?

Kemudian, lihat apa yang ditawarkan mitra logistik padamu, misalnya pelacakan dan asuransi pengiriman. Bagaimana mereka membantumu melacak pengiriman dan bagaimana mereka mengatasi masalah yang mungkin terjadi?

Mitra logistik mempermudah proses ekspor impor produk. Perluasan bisnis internasional dengan mitra yang tepat, otomatis dikirim tanpa cacat segera

Jangan lupakan pelangganmu. Pasar tertentu mungkin punya pilihan tersendiri menyangkut pengalaman berbelanja. Apa yang mereka inginkan tentang pilihan dan kecepatan pengiriman? Apakah mitra logistikmu bisa melayani kebutuhan tersebut?

Hal terpenting dalam memilih mitra logistik yang tepat bagi bisnismu adalah membandingkan jasa yang ditawarkan dengan biaya yang mereka bebankan padamu.

Pelajari jumlah pengeluaran rata-rata pelanggan untuk satu pesanan dan berapa biaya kirim yang akan dikenakan mitra logistik. Selain membantumu memillih mitra logistik, informasi ini juga membantumu menawarkan pilihan biaya kirim untuk pelanggan.

Misalnya saja perusahaan sepeda di Amerika mengenakan biaya kirim Rp400.000 melalui mitra logistik. Kalau Selly ingin membeli sarung tangan bersepeda seharga Rp500.000, biaya kirimnya tak sepadan baginya – juga bagi perusahaan itu.

Tapi perusahaan itu bisa mendorong Selly belanja lebih banyak lewat promosi gratis biaya kirim jika belanja di atas Rp1 juta. Ya, perusahaan menanggung biaya kirim Rp500.000, tapi mereka memperoleh Rp700.000.

Pertimbangkan juga jumlah keuntungan yang kamu dapat untuk setiap produk setelah dikurangi biaya mitra logistik. Jika sisa keuntungan terlalu kecil, mungkin kamu perlu menaikkan harga produk untuk membantumu membayar biaya pengiriman.

Terakhir, pelajari bagaimana ukuran dan berat produkmu memengaruhi biaya kirim. Mitra logistik mengenakan biaya per kilogram/pon atau memberi tarif tetap berdasarkan ukuran? Ini membantumu menghitung diskon biaya kirim jika pelanggan membeli banyak.

Saat penjualan internasional meningkat dan bisnismu bertkembang, kamu bisa mengambil alih sebagian proses pengiriman dari mitra logistikmu. Misalnya, kamu bisa memutuskan bahwa bisnismu siap menangani sebagian tugas yang dilakukan mitra logistik seperti menghitung biaya pengiriman atau mengelola cara pengambilan, pengemasan serta pengiriman produkmu.

Dengan mengambil alih sebagian proses pengiriman tersebut, bisnismu dan pelangganmu bisa menghemat cukup banyak uang. Merencanakan pengiriman internasional mungkin terlihat sulit, tapi kamu akan terbantu dengan membuat sebuah daftar tugas.

ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "Perluasan Bisnis Internasional Dengan Mitra yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel