-->

Cara Menghubungkan Pengontrol PS3 Tanpa USB

Banyak para gamer yang ingin tahu cara menghubungkan pengontrol PS3 tanpa USB. PlayStation 3 atau PS3 merupakan salah satu konsol terlaris di dunia dari Sony. Tentu saja kamu ingin mengetahui jawaban atas pertanyaan umum ini bukan ?, Disi kamu akan mendapatkan jawabannya dengan tepat. Karena akan membagikan semua seluk beluk pengontrol PS3 dengan anda di postingan artikel kali ini.

Cara Menghubungkan Pengontrol PS3 Tanpa USB

Berapa banyak cara yang kamu tahu untuk dapat menghubungkan pengontrol PS3?

cara menghubungkan pengontrol ps3 tanpa usb

PlayStation 3 atau PS3 keluar dengan banyak fitur baru saat diluncurkan kembali pada hari peluncuran itu. Saat ini, fitur tersebut mungkin tidak akan membuat kamu tertarik. Namun, kali itu, ini sukses. Sekarang, kita berada di ambang PlayStation 5. Dan, Sony telah berkembang pesat sejak saat itu. Anda harus sudah tahu bahwa pengontrol PlayStation 3 juga dikenal sebagai DualShock 3 atau DS3.

Menariknya, ada dua cara untuk menghubungkan pengontrol PlayStation 3 Anda dengan konsol Anda. Ya, Anda dapat menghubungkan pengontrol DS3 dengan konsol PS3 Anda melalui kabel atau bahkan tanpa kabel. Ini fitur konektivitas Bluetooth secara default.

Jadi, jika perangkat host dilengkapi dengan Bluetooth, itu dapat dengan mudah dihubungkan ke perangkat lain.

Apakah Mungkin Menghubungkan Pengontrol PS3 tanpa Kabel USB?

Jawaban untuk pertanyaan ini adalah - bisa Ya dan bisa Tidak. Pertama-tama, karena pengontrol mendukung konektivitas Bluetooth, pengontrol PS3 dapat dihubungkan tanpa kabel USB atau secara nirkabel.

Seperti biasa, anda juga dapat menghubungkan pengontrol dengan perangkat host atau konsol menggunakan kabel USB dengan cara yang paling konvensional. Dengan demikian, kita dapat mengetahui bahwa pengontrol DualShock 3 adalah pengontrol berkabel dan nirkabel.

cara menghubungkan pengontrol ps3 tanpa usb

Kemudian lagi, pengontrol juga dilengkapi dengan kabel USB yang dapat kamu sambungkan ke konsol. Dengan cara ini, anda juga dapat mengisi daya pengontrol saat kamu akan menggunakannya secara nirkabel. Biasanya, perangkat berkemampuan Bluetooth apapun dapat dihubungkan ke perangkat Bluetooth lain tanpa kabel.

Namun dalam kasus pengontrol PS3, kamu harus mencolokkan pengontrol ke konsol atau PC untuk memasangkan secara nirkabel untuk pertama kali pengupas. Ini dikenal sebagai menyinkronkan pengontrol ke perangkat lain.

Sekarang, masalah muncul saat kamu menggunakan pengontrol PS3 untuk pertama kalinya. Meskipun ini adalah perangkat berkemampuan Bluetooth, Sony telah membuat pemasangan pengontrol agak rumit. Jadi mau atau tidak mau, kamu harus menghubungkan controller PS3 menggunakan kabel USB untuk memasangkannya secara nirkabel pertama kali.

Sekarang, bagaimana jika kamu tidak memiliki kabel USB yang disertakan dengan pengontrol PS3? Untungnya, kamu dapat menggunakan kabel USB umum apa pun dengan pengontrol PS3. Seperti yang telah di sebutkan di atas bahwa pengontrol PS3 adalah pengontrol nirkabel dan kabel. Jadi, kamu dapat menghubungkan pengontrol PlayStation 3 Anda ke konsol PS3 tanpa kabel USB.

Namun, kamu harus ingat bahwa jika ini adalah pertama kalinya kamu menghubungkan pengontrol PS3 kamu ke konsol secara nirkabel, kamu tetap memerlukan kabel USB. Tetapi jika kamu telah menyinkronkan atau memasangkan pengontrol DualShock 3 kamu dengan konsol, kamu akan dapat menghubungkan pengontrol secara nirkabel tanpa membutuhkan kabel USB. Berikut cara melakukannya agar dapat terbaca oleh software:

Nyalakan konsol PlayStation 3

  • Kemudian nyalakan pengontrol PS3 dengan menahan tombol PS atau PlayStation di pengontrol. Pastikan, pengontrol memiliki daya yang cukup
  • Saat melakukannya, 4 lampu indikator LED akan mulai berkedip. Itu berarti pengontrol DS3 sedang mencari perangkat host berkemampuan Bluetooth terdekat
  • Setelah menemukan konsol PlayStation 3, secara otomatis akan dipasangkan dan terhubung dengan konsol. Setelah itu, lampu kedip akan berhenti berkedip dan tetap menyala

Itu berarti pengontrol PS3 sekarang terhubung ke PlayStation 3 secara nirkabel

  • Setelah Anda memasangkan PS3 dan pengontrol DS3 untuk pertama kalinya, Anda akan dapat menggunakannya secara nirkabel dari waktu berikutnya tanpa masalah apa pun.


Cara Mereset Pengontrol PS3

Ada laporan bahwa pengontrol PS3 terkadang mulai tidak berfungsi atau kehilangan koneksi dari waktu ke waktu. Jika demikian, Anda dapat mencoba mengatur ulang pengontrol PS3. Sekadar informasi, ada tombol reset di pengontrol PlayStation 3.

Ini terletak di bawah pengontrol dekat tombol L2. Jadi, cari tombol reset dan tekan dengan benda tipis seperti peniti atau tusuk gigi. Dengan demikian, pengontrol PS3 akan disetel ulang. Kemudian Anda harus memasangkan pengontrol dengan konsol Anda sekali lagi.

Peringatan: Sebelum kamu mereset pengontrol PS3, kamu harus tahu bahwa perlu memasangkannya dengan konsol lagi untuk menggunakannya secara nirkabel. Jadi, kamu membutuhkan kabel USB lagi

Menghubungkan Pengontrol PS3 ke PC

Untungnya, dapat menggunakan pengontrol DualShock 3 dengan PC Windows. Namun, untuk itu, harus melepaskan pengontrol dengan PS3 terlebih dahulu. Lebih baik lagi, matikan PS3 saat menggunakan pengontrol PS3 dengan PC.

Sebagian besar laptop dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth internal. Namun, jika PC tidak memiliki Bluetooth, dapat menggunakan dongle Bluetooth dengan PC. Selain itu, Windows harus menginstal semua perangkat lunak dan driver yang diperlukan ini:

  1. Microsoft. NET Framework
  2. Visual C ++
  3. Penginstal Web DirectX
  4. Driver pengontrol PS3
  5. Paket Driver SCP
  6. Perangkat SCP

            Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mencari di web untuk instruksi tentang cara menyambungkan pengontrol DS3 dengan PC Windows secara nirkabel dan menggunakan kabel USB. Tetapi masalahnya adalah kamu dapat menggunakan pengontrol PS3 dengan PC

            ARTIKEL TERKAIT

            Berikan pendapat anda tentang "Cara Menghubungkan Pengontrol PS3 Tanpa USB"

            Posting Komentar

            Iklan Atas Artikel

            Iklan Tengah Artikel 1

            Iklan Tengah Artikel 2

            Iklan Bawah Artikel