-->

Ukuran sepak bola nasional dan internasional

 Sepak bola termasuk olahraga berat, yang dikenal sebagai olahraga terpopuler diseluruh dunia termasuk Indonesia. Permainan sepak bola dengan pemenang yaitu mencetak gol terbanyak, banyaknya tidak ada patokan, jika sanggup mencetak gol 20 gol dalam satu babak silahkan saja.

Sepak bola ini juga pengadaannya sama seperti bola voli yaitu sama-sama di lapangan terbuka, pemenang sebuah pertandingan sepak bola dapat dibatalkan sewaktu-waktu atas skandal dan tindakan kriminal yang terbukti di kemudian.

ukuran lapangan sepak bola

Ukuran sepak bola nasional dan internasional

Nasional sebagai berikut:

Ukuran lapangan sepak bola untuk pertandingan standar nasional adalah:

  • Panjang (garis sentuh) 90  - 120 meter
  • Lebar (garis gawang) 45 - 90 meter
  • Lingkaran tengah radius 9,15 meter
  • Kotak kiper 18,3 x 5,5 meter
  • Kotak pinalti 40,3 x 16,5 meter

Internasional sebagai berikut

Berikut ini ukuran lapangan sepak bola untuk pertandingan skala standar internasional adalah:

  • Panjang 100 x 110 meter
  • Lebar 64 - 75 meter
  • Lingkaran tengah radius 9,15 meter
  • Panjang kotak pinalti 40 meter
  • Lebar kotak pinalti 16,5 meter

Waktu batas permainan sepak bola

Durasi waktu pertandingan sepak bola normalnya adalah 2 X 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2 X 15 menit atau 30 menit, hingga didapat pemenang.

Namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti. Wasit dapat menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain. Waktu tambahan ini disebut sebagai injury time atau stoppage time.

Wasit dan petugas pertandingan

Dalam pertandingan profesional, terdapat empat petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu  1 wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan serta 2 wasit gawang yang berada di pinggir gawang.

Pelanggaran

Wasit sedang memberi hukuman kartu kuning. Apabila pemain melakukan pelanggaran yang cukup keras maka wasit dapat memberikan peringatan dengan kartu merah. Kartu kuning merupakan peringatan atas pelanggaran seperti bersikap tidak sportif, secara terus-menerus melanggar peraturan, berselisih kata-kata atau tindakan.

Menunda memulai kembali pertandingan, keluar-masuk pertandingan tanpa persetujuan wasit, ataupun tidak menjaga jarak dari pemain lawan yang sedang melakukan tendangan bebas atau lemparan ke dalam. Pemain yang menerima dua kartu kuning akan mendapatkan kartu merah dan keluar dari pertandingan.

Sedangkan kartu merah adalah kartu yang memberhentikan pemain yang melakukan pelanggaran yang dianggap pelanggaran keras.

Pemain yang mendapatkan kartu merah harus keluar dari pertandingan tanpa bisa digantikan dengan pemain lainnya. Beberapa contoh tindakan yang dapat diganjar kartu merah adalah pelanggaran berat yang membahayakan atau menyebabkan cedera parah pada lawan, meludah, melakukan kekerasan, melanggar lawan yang sedang berusaha mencetak gol.

Menyentuh bola dengan tangan untuk mencegah gol kecuali penjaga gawang, dan menggunakan bahasa atau gerak tubuh yang cenderung menantang, pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang melakukan hands ball di luar kotak penalti.

ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "Ukuran sepak bola nasional dan internasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel