-->

Ukuran lapangan voli pantai

Vali pantai sangat digemari muda mudi di daratan eropa, voli pantai juga termasuk olah raga ringan. Voli pantai variasi dari bola voli, yang dimainkan di atas pasir. Dua tim yang dipisahkan oleh jaring memukul bola voli menggunakan lengan atau tangan.

Voli pantai di adakan di tempat-tempat yang memiliki pantai berpasir yang luas, tetapi sering juga dimainkan di lapangan pasir yang bukan di pantai. Bahkan, olahraga ini populer di beberapa negara yang tidak berbatasan dengan laut.

ukuran lapangan voli pantai


Para pemain berusaha untuk memukul bola melawati atas jaring agar memasuki lantai di daerah lawan, serta harus mencegah bola jatuh di daerah mereka sendiri.

Servis dilakukan pada saat pertandingan dimulai. Servis ini ada beberapa macam, yaitu servis dengan ayunan tangan dari bawah, samping, atas, dan jump service.

Passing bawah adalah memukul bola dari arah bawah dengan posisi badan jongkok, lutut agak ditekuk, posisi kedua tangan dirapatkan. dan gerakan tangan disesuaikan dengan kerasnya kecepatan bola.

Passing atas adalah memukul bola dari arah atas dengan posisi badan jongkok, lutut agak ditekuk, dan badan agak condong ke depan.

Smash (spike) adalah memukul bola dengan keras ketika bola berada di atas jaring untuk membuat serangan ke daerah lawan. Membendung (bloking) adalah upaya untuk menghalangi atau menahan bola yang datang dari daerah lawan.

Peralatan dan perlengkapan olahraga voli pantai juga sama dengan voli biasa, yaitu ada bola, net, dan lapangan. Bola voli yang digunakan memiliki ukuran yang lebih besar dan labih lunak dibandingkan dengan bola voli biasa.

Peraturan pada voli pantai berbeda dengan voli biasa, selain dari perbedaan lapangan bermain, jumlah pemain, dan ukuran bola voli. Perbedaannya adalah sebagai berikut:

  • Lapangan yang digunakan Iebih sempit dibandingkan dengan lapangan voli biasa dan tidak terdapat garis 3 meter.
  • Apabila pemain melakukan block dan membentur net, sehingga bola terpental dan mengenai atau bola kontak dengan lawan atau pemain pasangan, maka kontak tersebut akan dihitung sebagai satu pukulan.
  • Apabila salah satu pemain menyebrang ke arah lawan melalui bawah net, maka tidak dikenai pelanggaran selama tidak mengganggu pergerakan lawan. 
  • Di dalam permainan voli pantai, gerakan open-hand dink atau mengoper bola dengan ujung jari ke area lawan adalah sebuah pelanggaran.
  • Pemain tidak perlu melakukan servis secara bergantian atau putaran pemain dan tidak berlaku pergantian pemain.
  • Para pemain voli pantai sebagian besar tidak memakai sepatu atau disesuaikan dengan peraturan yang berlaku.
  • Permainan voli pantai dimainkan dalam 3 set dan yang menjadi pemenangnya adalah tim yang berhasil memenangkan 2 set. Jumlah poin tiap set adalah 21 poin dan dua set pertama akan mendapat tambahan 2 poin, sedangkan pada set ketiga hanya sampai 15 poin dengan dua poin tambahan.
voli pantai

Ukuran lapangan voli pantai

  • Panjang lapangan voli pantai 8 X 8 m atau 16 meter
  • Lebar lapangan voli pantai 4 X 4 m atau 8 meter
  • Panjang net voli pantai  8  meter
  • Tinggi net voli pantai untuk putra 2,43 meter
  • Tinggi net voli pantai untuk putri 2,42 meter.

Voli pantai merupakan salah satu arti olahraga tim yang dimainkan oleh dua tim.

Voli pantai yang terdiri dari dua pemain, yang dilakukan di lapangan pasir yang dibagi dengan net, ukuran lapangan voli pantai. Seperti halnya voli dalam ruangan, tujuan permainan ini adalah mengirim bola melewati net dan menjatuhkannya ke sisi lawan di lapangan, dan untuk mencegah upaya yang sama dari lawan.

Setiap tim diperbolehkan hingga tiga kali sentuhan

Untuk mengembalikan bola melewati net, dan pemain individu mungkin tidak menyentuh bola dua kali berturut-turut kecuali setelah melakukan blocking, yang merupakan salah satu teknik dasar dalam voli pantai. Secara historis, pada dasarnya, voli pantai adalah evolusi alami bola voli, yang mulai muncul di pantai-pantai Santa Monica California, sekitar tahun 1920.

ARTIKEL TERKAIT

1 Komentar untuk "Ukuran lapangan voli pantai"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel