-->

Tips untuk meningkatkan kinerja PC Windows 10 dan 11

 Kinerja Laptop berjalan lambat, saran berikut mungkin dapat membantu mempercepatnya. Tips tercantum secara berurutan, jadi mulailah dengan yang pertama, lihat apakah itu membantu, jika tidak maka lanjutkan ke tips berikutnya.

1. Pastikan Anda memiliki pembaruan terbaru untuk Windows dan driver perangkat

Salah satu cara terbaik untuk menggunakan PC secara optimal adalah dengan memastikan Anda menginstal Windows 10 versi terbaru. Saat memeriksa pembaruan, PC Anda juga akan mencari driver perangkat terbaru yang juga dapat membantu meningkatkan kinerja PC.


Untuk memeriksa pembaruan

  1. Pilih tombol Mulai, lalu pilih Pengaturan  > Pembaruan & Keamanan  > Windows Update  > Periksa pembaruan.
  2.  Lakukan salah satu hal berikut: Jika status mengatakan "Versi Anda sudah terbaru," buka tips berikutnya. Jika status mengatakan "Pembaruan tersedia", Pilih Instal sekarang.
  3. Pilih pembaruan yang ingin Anda instal, lalu pilih Instal.
  4. Hidupkan ulang PC Anda dan lihat apakah sepertinya berjalan lebih baik.

Untuk informasi pemecahan masalah Windows Update, lihat Memperbarui Windows 10 dan Memecahkan masalah pembaruan Windows 10.

Jika PC masih berjalan lambat, lanjutkan ke tips berikutnya.

2. Hidupkan ulang PC Anda dan buka hanya aplikasi yang Anda perlukan

Membuka banyak aplikasi, program, browser web, dan sebagainya secara bersamaan dapat memperlambat PC Anda. Membuka banyak tab browser secara bersamaan juga cukup dapat memperlambat PC. Jika hal ini terjadi, tutup semua aplikasi, tab browser, dsb., yang tidak Anda perlukan dan lihat apakah hal itu dapat mempercepat PC. Jika hal ini sepertinya tidak membantu, hidupkan ulang PC lalu hanya buka aplikasi, program, dan jendela browser yang diperlukan saja.

Untuk menghidupkan ulang PC

Pilih tombol Mulai, lalu pilih Power  > Mulai Ulang.

Setelah PC dihidupkan ulang, hanya buka aplikasi yang Anda perlukan saja, kemudian tutup setelah selesai.

Terkadang aplikasi yang dibuat untuk versi Windows yang lebih lama masih akan berjalan di Windows 10, namun aplikasi tersebut mungkin memperlambat PC. Jika hal ini terjadi setelah Anda membuka program tertentu, lihat versi terbaru di situs web perusahaan perangkat lunak, atau jalankan Pemecah Masalah Kompatibilitas Program.

Untuk menjalankan Pemecah Masalah Kompatibilitas Program

  1. Dalam kotak pencarian pada taskbar, ketik pemecahan masalah, lalu pilih Pengaturan pemecah masalah, yang di bawahnya tercantum Pengaturan sistem.
  2. Dalam daftar pemecah masalah, pilih Pemecah Masalah Kompatibilitas Program > Jalankan pemecah masalah.
  3. Pilih program yang bermasalah dengan Anda, lalu pilih Berikutnya dan lanjutkan melalui pemecah masalah.
Masih berjalan lambat? Lanjutkan ke tips berikutnya.

3. Gunakan ReadyBoost untuk membantu meningkatkan kinerja


ReadyBoost memungkinkan Anda menggunakan drive yang dapat dilepas, seperti drive USB, untuk meningkatkan kinerja PC tanpa membuka PC dan menambahkan lebih banyak memori (RAM). Untuk menggunakan ReadyBoost, Anda memerlukan drive USB atau kartu memori yang memiliki ruang kosong setidaknya 500 MB dan kecepatan transfer data yang tinggi. 

Untuk menggunakan ReadyBoost


  1. Sisipkan drive USB ke port USB di PC Anda.
  2. Pilih File Explorer dari taskbar.
  3. Tekan dan tahan (atau klik kanan) drive USB (atau kartu SD jika Anda menggunakannya), lalu pilih Properti.
  4. Pilih tab ReadyBoost , lalu pilih Gunakan perangkat ini. Windows menentukan apakah perangkat dapat menggunakan ReadyBoost. Jika hal itu tidak dapat dilakukan, Windows akan memberi tahu Anda.
  5. Setelah Windows menentukan berapa banyak ruang kosong yang digunakan untuk mengoptimalkan memori, pilih OK untuk memesan ruang ini sehingga ReadyBoost dapat menggunakannya.

Ketika melihat konten usb flash drive di File Explorer, Anda akan melihat file bernama ReadyBoost.sfcache di flash drive. File ini memperlihatkan berapa banyak ruang yang disediakan untuk ReadyBoost.

Catatan: ReadyBoost tidak dapat digunakan jika Windows diinstal di solid state drive (SSD). SSD sudah cepat, dan ReadyBoost tidak akan dapat meningkatkan kinerjanya.

4. Pastikan sistem mengelola ukuran file halaman


File halaman adalah area di hard disk yang digunakan Windows seperti memori. Terdapat pengaturan di Windows 10 yang mengelola ukuran file halaman secara otomatis, yang dapat membantu meningkatkan kinerja PC Anda. 

Untuk memastikan manajemen file halaman otomatis diaktifkan


  1. Dalam kotak pencarian pada taskbar, ketik sistem tingkat lanjut, lalu pilih Tampilkan pengaturan sistem tingkat lanjut, yang dibawahnya tercantum Panel kontrol.
  2. Di Properti Sistem, pilih tab Tingkat Lanjut , lalu pilih Pengaturan di area Kinerja.
  3. Di Opsi Kinerja, pilih tab Tingkat Lanjut , lalu pilih Ubah di area Memori virtual.
  4. Pastikan kotak centang Kelola ukuran file halaman secara otomatis untuk semua drive dipilih. Jika sudah dipilih, lanjutkan ke tips berikutnya. Jika tidak, pilih lalu hidupkan ulang PC Anda dengan memilih tombol Mulai  > Power  > Hidupkan ulang.

Gunakan PC Anda dan lihat apakah berjalan lebih baik. Jika tidak, coba tips berikutnya.

5. Periksa ruang disk yang rendah dan kosongkan ruang


Anda dapat meningkatkan kinerja jika mengosongkan ruang penyimpanan disk di PC.

Untuk memeriksa apakah ruang disk hampir penuh
  1. Pilih tombol Mulai, lalu pilih Pengaturan  >Penyimpanan > Sistem.
  2. Drive akan tercantum di area Penyimpanan. Perhatikan jumlah ruang kosong dan ukuran total untuk setiap drive.
Catatan: Jika ruang penyimpanan PC Anda tidak penuh, coba tips berikutnya.

6. Sesuaikan tampilan dan kinerja Windows


Windows 10 menyertakan banyak efek visual, seperti animasi dan efek bayangan. Ini tampak hebat, tetapi juga dapat menggunakan sumber daya sistem tambahan dan dapat memperlambat PC. Hal ini berlaku terutama jika PC Anda memiliki jumlah memori (RAM) yang lebih kecil.

Untuk menyesuaikan efek visual di Windows
  1. Dalam kotak pencarian di taskbar, ketik kinerja, lalu pilih Sesuaikan tampilan dan kinerja Windows dalam daftar hasil.
  2. Pada tab Efek Visual , pilih Sesuaikan untuk kinerja terbaik > Terapkan.
  3. Hidupkan ulang PC dan lihat apakah itu mempercepat PC Anda.
Jika PC masih berjalan lambat, lanjutkan ke tips berikutnya.

7. Menjeda sinkronisasi OneDrive

Pengaturan PC memungkinkan Anda memilih lokasi penyimpanan file secara default. Anda dapat menyimpan file di PC atau ke OneDrive secara default dan menyinkronkan file di antara dua lokasi tersebut. Hal ini memungkinkan Anda mengakses file dari semua perangkat yang dapat tersambung ke internet, dan membantu memastikan file sudah dicadangkan seandainya PC rusak atau hilang. Namun, file harus disinkronkan antara PC dan OneDrive, dan sinkronisasi dapat memperlambat PC. Anda dapat menjeda sinkronisasi OneDrive untuk sementara, dan lihat apakah ini membantu meningkatkan kinerja PC. 


Untuk menjeda sinkronisasi ke OneDrive
  1. Di taskbar, cari OneDrive di dekat area pemberitahuan.
  2. Pilih OneDrive > Lainnya  > Jeda sinkronisasi, lalu  pilih berapa lama Anda ingin menjeda sinkronisasi file.
  3. Hidupkan ulang PC dan lihat apakah masalah kinerja berhasil diperbaiki dengan menjeda sinkronisasi.
  4. Untuk melanjutkan sinkronisasi file, pilih OneDrive > Lainnya  > Lanjutkan sinkronisasi.
Anda juga bisa mengunjungi Perbaiki masalah OneDrive Sync untuk memeriksa masalah sinkronisasi apa pun.

8. Menonaktifkan program startup yang tidak diperlukan

Saat Anda menghidupkan PC, beberapa program akan dimulai secara otomatis dan berjalan di latar belakang. Anda dapat menonaktifkan program tersebut agar tidak dijalankan ketika PC dimulai.

Banyak program dirancang untuk memulai secara otomatis saat Windows dimulai. Anda tidak tahu program tersebut berjalan, tetapi ketika Anda menggunakannya, program tersebut akan terbuka dengan cepat. Hal ini sangat berguna untuk program yang sering digunakan, tetapi tidak untuk program yang jarang digunakan karena menambah waktu yang diperlukan Windows untuk memulai.


Temukan program yang dimulai secara otomatis

Terkadang Anda dapat menentukan program mana yang dimulai secara otomatis dengan melihat ikon program di area notifikasi di sebelah kanan taskbar. Periksa dulu di sana untuk melihat apakah ada program yang berjalan dan tidak ingin dimulai secara otomatis. Untuk mencoba mencari nama programnya, arahkan ke ikon dengan pointer mouse. Pastikan Anda memilih Perlihatkan ikon tersembunyi , sehingga Anda tidak melewatkan program apa pun.


Memperlihatkan ikon tersembunyi di area pemberitahuan Area notifikasi dengan mouse yang mengarah ke tampilkan ikon tersembunyi

Setelah melihat area notifikasi pun, Anda masih dapat melewatkan beberapa program yang berjalan secara otomatis pada saat startup. Berikut adalah cara menemukan semua program yang dimulai secara otomatis, dan menghentikan program yang tidak ingin dijalankan secara otomatis saat Windows dimulai.


Untuk menghentikan program agar tidak dimulai secara otomatis
  1. Pilih tombol Mulai, lalu pilih Pengaturan  > Aplikasi  > Startup .
Buka pengaturan Aplikasi Startup
  1. Di area Aplikasi Startup, temukan program yang tidak ingin dimulai secara otomatis lalu atur ke Nonaktif.
Catatan:  
  • Jika Anda mematikan program dan itu terus dimulai secara otomatis saat Windows dimulai, Anda harus memindai virus dan malware. Lihat bagian berikutnya untuk informasi selengkapnya.
  • Untuk menggunakan prosedur di atas agar program tidak dimulai secara otomatis, Anda harus menginstal Windows 10 (Versi 1803 atau lebih tinggi). Untuk melihat versi Windows 10 perangkat yang sedang berjalan, pilih tombol Mulai, lalu pilih Pengaturan  > Sistem  > Tentang.
  • Jika Anda menginstal Windows 10 (Versi 1709 atau lebih lama), tekan Ctrl + Alt + Delete, pilih Manajer Tugas, pilih Startup, Pilih program yang tidak perlu dimulai secara otomatis, lalu pilih Nonaktifkan.

9. Periksa dan hapus virus dan malware

Virus, malware, atau perangkat lunak berbahaya dapat menyebabkan PC berjalan lambat. Gejala lainnya meliputi pesan pop-up yang tidak diharapkan, program yang tiba-tiba dimulai secara otomatis, atau suara hard disk yang terus-menerus bekerja.

Cara terbaik untuk menangani virus dan perangkat lunak berbahaya adalah dengan mencoba mencegahnya dengan menjalankan perangkat lunak antivirus dan antimalware serta terus memperbaruinya. Tetapi, dengan pencegahan sekalipun, PC Anda masih dapat terinfeksi.

Anda bisa memindai virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya di PC menggunakan Keamanan Windows (sebelumnya Pusat Keamanan Pertahanan Windows), yang disertakan dalam Windows 10. Untuk informasi selengkapnya, lihat Cara melindungi PC Windows 10.

Catatan

Jika Anda menggunakan perangkat lunak antivirus atau anti-malware lainnya, lihat dokumentasi program tersebut guna mempelajari cara memindai virus. Selain itu, pastikan agar tidak ada beberapa program antivirus yang berjalan secara bersamaan. Jika ada beberapa program, pilih salah satu yang ingin dijalankan, lalu nonaktifkan atau hapus instalan program lainnya.

Jika Anda menginstal dan mengaktifkan program antivirus lain, Keamanan Windows akan dinonaktifkan secara default.

Untuk memindai virus menggunakan Keamanan Windows (Windows 10 Versi 1809 atau lebih baru)
  1. Pilih Mulai > Pengaturan  >  Pembaruan & Keamanan  > Keamanan Windows  lalu pilih Buka Keamanan Windows.
  2. Pilih Proteksi ancaman & virus, lalu pilih Periksa pembaruan di bawah Pembaruan perlindungan dari virus & ancaman.
  3. Pada layar Proteksi pembaruan , pilih Periksa pembaruan untuk memastikan Anda memiliki pembaruan terbaru.
  4. Pilih Perlindungan dari virus & ancaman, lalu pilih Pindai cepat.
  5. Tunggu hingga Keamanan Windows selesai memindai virus dan malware.
  6. Lakukan salah satu hal berikut, tergantung pada hasil pemindaian:
  • Jalankan pemindaian tingkat lanjut yang disarankan. Pemindaian ini memerlukan waktu lebih lama namun mencari ancaman di PC Anda secara lebih ekstensif.
  • Jika Keamanan Windows menemukan virus atau malware dan tidak dapat menghapus atau mengkarantinanya, hubungi Dukungan Microsoft untuk mendapatkan bantuan.
  • Jika virus tidak ditemukan, hidupkan ulang PC dan cobalah untuk mereproduksi masalah kinerja yang dialami PC Anda.
Catatan: 

  • Jika Keamanan Windows tidak terbuka, tidak dapat memperbarui file definisi, atau tidak dapat menyelesaikan pemindaian virus, coba jalankan Pertahanan Windows Offline, yang dijelaskan di bawah ini Untuk memindai malware dan virus dengan Pertahanan Windows Offline (Windows 10 Versi 1809 atau lebih baru).
  • Untuk melihat versi Windows 10 perangkat yang sedang berjalan, pilih tombol Mulai, lalu pilih Pengaturan  > Sistem  > Tentang
Untuk memindai virus menggunakan Pusat Keamanan Pertahanan Windows (Windows 10 Versi 1803)
  1. Pilih Mulai > Pengaturan  >  Pembaruan & > keamanan Keamanan Windows  lalu pilih Buka Pusat Keamanan Pertahanan Windows.
  2. Pilih Proteksi ancaman & virus, lalu pilih Pembaruan proteksi ancaman & virus > Periksa pembaruan untuk memastikan Anda memiliki file definisi terbaru.
  3. Pilih tab Proteksi ancaman & virus, lalu pilih Pindai sekarang.
  4. Tunggu hingga Pusat Keamanan Pertahanan Windows selesai memindai virus dan malware.

Lakukan salah satu hal berikut, tergantung pada hasil pemindaian:
  • Jalankan pemindaian tingkat lanjut yang disarankan. Pemindaian ini memerlukan waktu lebih lama namun mencari ancaman di PC Anda secara lebih ekstensif.
  • Jika Pusat Keamanan Pertahanan Windows menemukan virus atau malware dan tidak dapat menghapus atau mengkarantinanya, hubungi Dukungan Microsoft untuk mendapatkan bantuan.
  • Jika virus tidak ditemukan, hidupkan ulang PC dan cobalah untuk mereproduksi masalah kinerja yang dialami PC Anda.
Catatan
  • Jika Pusat Keamanan Pertahanan Windows tidak terbuka, tidak dapat memperbarui file definisi, atau tidak dapat menyelesaikan pemindaian virus, coba jalankan Pertahanan Windows dalam Mode Offline, yang dijelaskan di bawah ini Untuk memindai malware dan virus dengan Pertahanan Windows Offline (Windows 10 Versi 1803).
  • Untuk melihat versi Windows 10 yang sedang dijalankan perangkat Anda, pilih tombol Mulai, lalu pilih Pengaturan  > Sistem > Tentang.
Untuk memindai malware dan virus dengan Pertahanan Windows Offline (Windows 10 Versi 1809 atau lebih baru)
  1. Simpan dokumen atau apa pun yang mungkin telah Anda buka di PC.
  2. Pilih Mulai Pengaturan  > > Perbarui Keamanan Windows > Keamanan  & lalu pilih Buka Keamanan Windows.
  3. Pilih Proteksi ancaman & virus, lalu di bawah Ancaman saat ini, pilih Opsi pemindaian > Pertahanan Windows Pemindaian offline > Pindai sekarang.
  4. PC Anda akan dimulai ulang, dan Pertahanan Windows Offline akan berjalan dan memindai virus dan malware. Pemindaian mungkin memerlukan waktu 15 menit atau lebih, dan PC akan dihidupkan ulang lagi setelahnya.
  5. Cobalah untuk mereproduksi masalah kinerja.
Jika PC masih berjalan lambat, lanjutkan ke tips berikutnya.

Untuk memindai malware dan virus dengan Pertahanan Windows Offline (Windows 10 Versi 1803)
  1. Simpan dokumen atau apa pun yang mungkin telah Anda buka di PC.
  2. Pilih Mulai > Pengaturan  > Pembaruan & Keamanan Windows keamanan >  lalu pilih Buka Pusat Keamanan Pertahanan Windows.
  3. Pilih Proteksi ancaman & virus, lalu pilih Jalankan pemindaian tingkat lanjut baru > Pertahanan Windows Pemindaian offline > Pindai sekarang.
  4. PC Anda akan dimulai ulang, dan Pertahanan Windows Offline akan berjalan dan memindai virus dan malware. Pemindaian mungkin memerlukan waktu 15 menit atau lebih, dan PC akan dihidupkan ulang lagi setelahnya.
  5. Cobalah untuk mereproduksi masalah kinerja.

Jika PC masih berjalan lambat, lanjutkan ke tips berikutnya.

10. Pulihkan PC Anda dari titik pemulihan sistem

Memulihkan PC akan membatalkan perubahan terakhir yang mungkin menyebabkan masalah. Jika Anda menduga bahwa aplikasi, driver, atau pembaruan Windows yang baru diinstal dapat menyebabkan masalah, Anda mungkin dapat membuatnya berjalan normal kembali dengan memulihkan PC ke titik yang lebih lama, yang disebut titik pemullihan.

Catatan
  • Memulihkan dari titik pemulihan tidak akan memengaruhi file pribadi Anda, tetapi akan menghapus aplikasi, driver, dan pembaruan yang diinstal setelah titik pemulihan dibuat.
  • Pemulihan sistem berfungsi untuk perubahan yang dibuat dalam 7 hingga 14 hari terakhir.

Untuk memulihkan PC dari titik pemulihan
  1. Dalam kotak pencarian di taskbar, ketik titik pemulihan, lalu pilih Buat titik pemulihan dari daftar hasil.
  2. Pada tab Proteksi Sistem, pilih Pemulihan Sistem.
  3. Pilih Berikutnya, lalu pilih titik pemulihan yang terkait dengan aplikasi, driver, atau pembaruan yang mungkin menyebabkan masalah. Lalu pilih Berikutnya > Selesai.
  4. Hidupkan ulang PC dan lihat apakah kinerja meningkat.

Jika tidak melihat titik pemulihan, kemungkinan ini karena proteksi sistem tidak diaktifkan.

Untuk mengaktifkan proteksi sistem
  1. Dalam kotak pencarian di taskbar, ketik titik pemulihan, lalu pilih Buat titik pemulihan dari daftar hasil.
  2. Pada tab Proteksi Sistem , pilih Konfigurasi.
  3. Pilih Aktifkan proteksi sistem > OK.
Perlu bantuan lainnya? silahkan berikan komentar anda dibawah ini.

ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "Tips untuk meningkatkan kinerja PC Windows 10 dan 11"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel