-->

Ide Bisnis Yang Tepat Untukmu - Menemukan Pasar Bagi Ide Bisnis

Memulai bisnis atau usaha baik kecil, menengah ataupun atas tentu saja ide bisnismu harus bagus. Tapi pertanyaannya adalah bagaimana menemukan ide yang layak untuk diwujudkan?. Ada ide yang awalnya kelihatan biasa saja, ternyata bisa berkembang menjadi ide yang bagus.

Sebaliknya, sebuah ide yang tampak luar biasa mungkin akan gagal seiring waktu. Kita memang tidak tahu sebuah ide bakal sukses atau tidak. Tapi, ada beberapa cara untuk memperbesar peluang keberhasilan sebuah ide.

Ide Bisnis Yang Tepat Untukmu - Menemukan Pasar Bagi Ide Bisnis


Langkah pertama adalah mencermati dirimu sendiri.

Apa saja keahlianmu dan hal-ahal apa yang menjadi minantmu?. Pikirkan keahlianmu yang sangat spesifik Kamu bisa menilai hal apa yang kamu kuasai dan memanfaatkannya dalam sebuah ide bisnis yang potensial. Lalu pertimbangkan hal-hal yang menjadi minatmu.
bisnis pasar bisnis

Semangat besar akan membuatmu melewati masa-masa sulit saat memulai bisnis.

Bayangkan kalau kamu tidak suka kopi tapi harus mencicipinya sepanjang hari di kedai kopimu. Setelah mencermati diri sendiri, amati lingkungan sekitar. Mulai dari pekerjaan, rutinitas sehari-hari, hobi, dll. Apa masalah sehari-hari yang belum ada solusinya? Misalnya, di daerah tempat tinggalmu mungkin belum ada jasa dokter hewan atau jasa laundry dan sebagainya.


Sekarang, pikirkan bagaimana kamu memanfaatkan keahlianmu untuk mengatasi masalah yang ada, sesuai dengan minatmu. Ini adalah ide bisnis yang baik karena melibatkan hal-hal yang dipahami dan sangat dipedulikannya, serta memberikan solusi bagi sebuah masalah nyata. Tidak perlu memiliki rencana bisnis yang menyeluruh dan terukur, sebelum melakukan riset dan memfokuskan idemu. Selain itu, tidak masalah bila kamu merasa ragu dan cemas tentang idemu.

Yang perlu kamu lakukan sekarang adalah mencermati apa kecemasanmu bisa diatasi, atau apa ide bisnis yang tadinya terlihat baik ternyata hanya buang-buang waktu. Setelah mendapatkan ide, pastikan ada pasarnya. Jika ada bisnis lain yang idenya sama denganmu, bukan berarti idemu harus dilupakan. Jangan takut berkompetisi.

Ide bisnismu tidak harus melahirkan bisnis yang baru. Kamu hanya perlu menawarkan solusi yang lebih baik dibanding kompetitormu. Bagaimana caranya? Buat daftar hal-hal yang bnisa kamu perbaiki dari bisnis mereka. Apa kamu bisa menawarkan produk atau jasa yang lebih berkualitas? Melakukannya dengan lebih baik? Membangun pemasaran dan merek yang lebih baik? Menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan?.

Bisnis tentu juga harus menguntungkan. Karena itu, luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana idemu bisa menghasilkan uang yang cukup agar bisnismu bisa terus berjalan. Terakhir, minta masukan orang lain tentang idemu. Tidak ada gunanya menyimpan ide hanya untuk dirimu sendiri. Mintalah masukan dari orang yang kamu percaya, orang yang berpengalaman di bidangmu dan orang yang bergerak di industri yang sama dengan idemu.

Terbukalah pada kritik dan saran, dan terbuka untuk memperbaiki idemu dan mengembangkannya. Banyak bisnis yang semula berpikir mereka mengatasi masalah A, lalu menyadari bahwa mereka mengatasi masalah B. Mungkin awalanya kamu bingung mencari ide bisnis. Membaginya menjadi langkah-langkah kecil akan membantumu.
ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "Ide Bisnis Yang Tepat Untukmu - Menemukan Pasar Bagi Ide Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel