-->

Promosi Bisnis Bayar Sekali Untuk Selamanya

Ada banyak cara mempromosikan bisnis tanpa membayar lebih bahkan tanpa membayar. ini cara bisnis yang sudah tentu diketahui oleh pelaku bisnis. Tanpa promosi, usaha tidak akan pernah maju bahkah tidak akan akan terjadi, sebab promosi adalah hal mutlak yang harus dilakukan pelaku bisnis untuk dapat menjual produk ataupun jasanya kepada pasar atau umum.

Promosi Bisnis Bayar Sekali Untuk Selamanya

Disini akan banyak ide-ide brilian yang akan menjadi masukan bagi kamu yang akan maupun yang sudah melakukan bisnis atau usaha. Yuk simak perlahan dan jangan malas membaca. Diantaranya adalah:
promosi bisnis bayar sekali selamanya

Manfaatkan Kemasan untuk Mempromosikan Merekmu

Mengapa cara mengemas produk penting?
Apa yang membuat kemasan mudah diingat?
Bagaimana cara membuat kemasan dengan mudah?

Misalnya Via yang punya toko online menjual mainan robot anak. Banyak pelanggan tertarik dan memesan produknya.

Via ingin pelanggan menyukai produknya. Maka ia membuat berbagai variasi produk, membuat toko online, dan melatih tim pelayanan pelanggan.

Tapi Via tak terlalu peduli soal kemasan produknya. Baginya, setelah pelanggan membeli produknya, tugasnya sudah selesai. Ia tinggal mengirimkan produknya saja. Apakah orang memang peduli tentang kemasan?
Ayo kita lihat

Kemasan bukan sekadar membungkus produk. Tapi bagian tak terpisahkan untuk menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelangganmu.

Saat pelanggan menerima produkmu adalah momen besar dalam proses pembelian. Kamu pasti ingin mereka gembira dan antusias melihat produk yang mereka beli. Tak heran sekarang banyak video online tentang “unboxing” (pengalaman saat membuka kemasan).

Saat pelanggan bisnis online menerima kiriman produk, itu menjadi pengalaman pertama mereka berinteraksi dengan produkmu. Artinya, pengalaman ini bisa menjadi kesempatan menciptakan emosi yang kuat dan memberi kesan mendalam.

Semakin banyak perhatian yang kamu berikan pada kemasan produkmu, semakin besar kemungkinan pelangganmu merasa senang saat menerima produk. Dan kalau mereka merasa senang, kemungkinan besar mereka akan membeli lagi.

INGAT
Kalau kamu ingin menciptakan respon emosional dari pelangganmu, pastikan bukan berupa rasa kecewa. Pastikan kemasanmu memberi info tentang produkmu, melindungi produk selama pengiriman, dan membantu pelanggan memahami cara pakai dan perawatan produk.

Jadi, kemasan itu cukup penting. Untuk memastikan kemasanmu memuaskan, kita bagi menjadi 3 bagian: kemasan saat pengiriman, kemasan produk, dan ekstra.


Kemasan saat pengiriman meliputi hal dasar seperti kotak/amplop, plastik gelembung, selotip, label alamat, dll. Inilah hal yang wajib kamu miliki, untuk memastikan produkmu terkirim dari tokomu ke pelanggan.


Kemasan produk adalah hal-hal yang terkait langsung dengan produk yang kamu jual, misalnya merek pada kaos, pembungkus sabun, dll. Termasuk juga petunjuk pemakaian dan perawatan, cara merakit, atau cara memasang produk yang kamu kirimkan.

Ekstra adalah apa yang kamu sertakan dalam kemasan untuk meningkatkan citra merekmu. Mulai dari hal praktis seperti kartu nama bisnis berisi kode diskon atau label pengiriman pengembalian barang, hingga yang personal seperti catatan yang ditulis tangan.

Ketiga hal tadi berpengaruh pada pengalaman pelanggan. Semua penting untuk menciptakan kemasan yang membuat produkmu menonjol dibanding produk yang menggunakan kemasan standar seperti amplop atau kotak.

Dengan memahami kemasan seperti apa yang diperlukan, kamu bisa mendesain kemasan yang diinginkan pelanggan. Ini artinya kamu harus memikirkan merek dan apa yang kamu jual.

Suatu merek bisa menyampaikan banyak hal lewat desain kemasan. Barang mewah dengan kemasan canggih menunjukkan respek pada pelanggan. Perusahaan yang peduli lingkungan dan memakai kemasan ramah lingkungan menonjolkan nilai-nilai yang mereka miliki.

Sebelum pelanggan mengambil sebuah kemasan, mereka lebih dulu melihatnya. Menyesuaikan gambar, warna, dan jenis huruf pada kemasan dengan website, logo, dan media sosial bisnismu akan memperkuat ikatan antara bisnismu dan produk yang kamu jual.

Bagaimana kemasan terasa saat dipegang oleh pelanggan juga penting. Coba berbagai jenis bahan, seperti bermacam kertas, lapisan UV, tekstur embos, dan sebagainya untuk melihat mana yang paling sesuai dengan merekmu.

Kamu juga bisa menyampaikan pesam tentang nilai-nilai merekmu dalam kemasan. Misalnya, toko peralatan olahraga bisa menuliskan kalimat motivasi dalam kotak kemasan. Beberapa perusahaan bahkan membuat pita perekat dengan desain khusus.

TIPS
Lihat bagaimana merek favoritmu mengemas produknya. Lihat rangkaian produk mereka untuk melihat benang merah semua produknya dan keunikan setiap produk. Amati pesaingmu, dan pikirkan apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat produkmu menonjol.

Sepertinya, banyak dana yang diperlukan untuk membuat kemasan yang baik. Tak usah khawatir, kamu bisa membuat desain kemasan yang baik dengan harga terjangkau.

Perimbangkan harga produkmu untuk menentukan pilihan kemasan. Kalau produkmu rapuh, berukuran besar, atau berat, kamu bisa membebankan sebagian biaya pada pelanggan, karena mereka tak keberatan membayar lebih agar produk diterima dalam keadaan baik.

Cari cara yang tak terlalu mahal untuk memberi sentuhan personal. Misalnya memberi stiker yang membuat pelanggan merasa jadi penggemar merekmu. Memberi ucapan terima kasih atau bahkan sebutir permen bisa membuat pelanggan merasa dihargai.

Kembangkan kreativitasmu tapi pastikan idemu tak membuat kemasan produk jadi bertambah besar atau berat. Pikirkan apakah idemu benar-benar memberi nilai tambah atau tidak bagi pelanggan.


Apa pun pilihanmu.

Pastikan produkmu mudah dikemas dengan cara yang sama berulang kali.

Misalnya Sari membuat kemasan berbentuk bunga dari kertas daur ulang. Tapi pengemasannya rumit dan saat kebanjiran pesanan, Sari kewalahan menyelesaikannya.

Sebenarnya ada cara mudah untuk menghindarinya. Sari bisa meluangkan waktu khusus untuk mengurus pengemasan. Atau menugaskan salah satu karyawan khusus untuk tugas ini. Hingga ia tahu semua akan ditangani dengan baik.

Siapa pun yang mengemas produkmu, pastikan prosesnya efisien. Memesan kemasan dalam jumlah besar, menyiapkan peralatan yang diperlukan, dan menyediakan tempat khusus akan mempercepat prosesnya dan menguntungkan pelanggan, karyawan, dan dirimu.

LAKUKAN SEKARANG
Kadang sulit mendesain kemasan yang benar-benar menggambarkan merekmu. Kita pelajari kemasan produkmu saat ini atau kemasan produk lain dan lihat apakah sudah efektif.
ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "Promosi Bisnis Bayar Sekali Untuk Selamanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel