-->

11 Khasiat Daun Pepaya [Teruji Luar Biasa]

          Siapa sih yang tidak tahu pohon pepaya?, pohon ini dapat dengan mudah ditemukan di sekitar lingkungan kita. Pohon pepaya tidaklah sulit karena pohon pepaya dapat tumbuh sendiri di tanah ini tanpa harus dirawat dengan metode khusus. Buah pohon pepaya sering dimanfaatkan masyarakat sebagai jamu solusi masalah pencernaan. Daunnya sudah lama digunakan sebagai herbal untuk pengobatan berbagai penyakit.

11 Khasiat Daun Pepaya [Teruji Luar Biasa]

khasiat daun pepaya teruji luar biasa

          Pucuk pepaya merupakan bagian dari daun pepaya yang masih segar atau masih muda. Pucuk pepaya ini dapat digunakan sebagai ramuan alami untuk mengobati atau mencegah beberapa penyakit seperti:

1. Meningkatkan Nafsu Makan

          Manfaat pucuk pepaya untuk menambah nafsu makan sebenarnya sangat bermanfaat sebagai solusi alami untuk anak yang mengalami gangguan makan. Hanya saja Anda mungkin perlu sedikit membuat racikan untuk mengolah daun pepaya yang rasanya pahit yang tidak disukai anak-anak.

2. Atasi Malaria dan Demam Berdarah

          Tunas daun pepaya dikenal sebagai anti malaria. Beberapa perusahaan farmasi bahkan menggunakan ekstrak daun ini untuk pengobatan penyakit demam berdarah. Terdapat kandungan pada daun pepaya yang dapat meningkatkan produksi trombosi dalam darah.

          Untuk pemakaian di rumah pucuk daun pepaya bisa anda jadikan sebagai jus. Sepertinya tidak mungkin untuk melihat dari rasa pepaya tetapi Anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis.

3. Mengatasi sakit Keputihan dan Haid

          Masalah keputihan atau nyeri haid merupakan masalah yang sering diikuti oleh wanita saat ini. Banyak sekali obat yang cocok untuk masalah ini sehingga tidak semua obat layak dikonsumsi. Cara paling aman dan efektif tentunya dengan menggunakan pengobatan herbal. Salah satunya dengan memanfaatkan ekstrak daun pepaya.

Caranya pertama adalah sebagai berikut:

- Ampil dan cuci daun pepaya muda secukupnya
- Siapkan satu [1] Liter Air
- Siapkan akar alang-alang dan pulasari
- Rebus semua bahan dengan air sampai mendidih
- Saring air rebusan sebelum diminum [tentu setelah dingin]

Cara kedua adalah sebagai berikut:

Siapkan 1 lembar pucuk pepaya
- Siapkan asam jawa dan garam
- Siapkan 1 gelas air
- Rebus semua bahan hingga mendidih
- Saring air rebusan sebelum diminum [lakukan seperlunya]
          Anda bisa mengkonsumsi ekstrak air pucuk daun pepaya ini satu kali sehari untuk mengatasi masalah keputihan dan nyeri saat haid.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

          Tanaman buah pepaya memang kerap dikaitkan dengan obat alami masalah pencernaan. Selain buah-buahan, kuncup daun dapat dimanfaatkan sebagai ramuan alami untuk mengatasi masalah pencernaan. Diketahui bahwa dalam daun pepaya mengandung zat carpin yang memiliki kemampuan untuk membasmi bakteri jahat dalam sistem pencernaan.

5. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

          Dalam sebuah penelitian terbukti bahwa daun pepaya dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Ternyata hal itu disebabkan kandungan acetogenin yang terdapat pada getah putih daun pepaya.

6. Mengatasi Ketombe

          Senyawa karpain yang terdapat pada daun pepaya cukup efektif untuk mengurangi ketombe, minyak, dan kotoran yang menempel pada rambut. Banyak produk sampo juga mulai menggunakan ekstrak daun pepaya untuk mengatasi masalah ketombe.

          Anda bisa meracik sendiri ramuan anti ketombe dari daun pepaya ini di rumah. Caranya cukup dengan merebus sebagian daun pepaya. Nah, air rebusan inilah yang bisa Anda gunakan untuk mencuci rambut.

7. Melembutkan Kulit

          Apakah Anda memiliki kulit yang kering dan kasar? Jangan khawatir, manfaat kuncup daun pepaya yang satu ini bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit kering dan kasar anda.

8. Menunda Penuan

          Daun pepaya mengandung cukup banyak zat amino yang baik untuk menghambat tanda-tanda penuaan. Anda bisa menjadikan daun pepaya ini sebagai masker wajah alami. Cara mengeringkan sebagian daun pepaya sampai kering lalu haluskan. Setelah daunnya halus tambahkan sedikit air dan oleskan ke seluruh permukaan kulit wajah Anda.

9. Mengatasi Kulit Wajah

          Seperti yang kita sadari bahwa wajah sangat rentan terhadap berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat, flek hitam, dan tampak kusam akibat kotoran. Untuk masalah tersebut anda bisa menggunakan masker pucuk daun pepaya sebagai solusi alami. Selain cara hemat biaya juga tidak terlalu sulit.

10. Mengatasi Jerawat

          Senyawa karpain pada daun pepaya sangat ampuh melawan mikroorganisme yang berpengaruh buruk pada kulit. Caranya dengan mengeringkan sebagian daun pepaya dan tumbuk / blender hingga halus sambil diberi sedikit air. Oleskan ke seluruh kulit wajah dan diamkan selama 10-30 menit. Setelah masker terasa kering bilas dengan air. Rasakan sendiri hasilnya untuk kulit wajah yang lebih bersih

11. Memperkuat daya ketahan Tubuh

         Daun pepaya ini juga sangat efektif memperkuat daya ketahanan tubuh dari berbagai penyakit musiman seperti pilek, demam, batuk dan meriang.

manfaat daun pepaya


Bahaya atau Efek Samping Daun Pepaya

          Selain itu manfaat daun pepaya ternyata juga memiliki beberapa resiko yang berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan, diantaranya:
  • Getah daun pepaya dapat menyebabkan iritasi, dermatogenik, dan vesikan pada kulit sensitif. Bagi sebagian orang yang alergi mungkin bisa melukai dan merusak jaringan kulit.
  • Beberapa senyawa pada daun pepaya dapat memicu terjadinya gastritis (radang dinding lambung), rinitis, dan asma.
  • Bisa menimbulakn begah dan perut kembung bila dikonsumsi secara berlebihan daun pepaya. Ini karena kandungan vitamin C dan gas pada daun pepaya yang tinggi.
  • Enzim papain pada daun pepaya dapat mengubah protein menjadi asam amino dan daunnya bersifat dingin sehingga sangat berbahaya jika dikonsumsi wanita yang sedang hamil.
          Jadi, dengan segudang manfaat tentu ada mudorotnya jika berlebihan, gunakan seperlunya jangan mengonsumsi berlebihan seperti rutin setiap hari. Cukup gunakan seperlunya seperti satu kali seminggu atau dua kali seminggu.

Itulah khasiat dan efeksamping dari daun pepaya. semoga bermanfaat.











ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "11 Khasiat Daun Pepaya [Teruji Luar Biasa]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel