-->

15 Manfaat buah Gandaria atau Ramania

           Buah Gandaria atau dikenal juga dengan nama buah Ramania memiliki rasa asam segar dengan kulit garing aroma dan tekstur buah seperti putik mangga. Cocok untuk sambal, manisan dan asinan. Dahulunya dikenal sebagai buah kampung dan harganya sangat murah. Pada saat sekarang ini buah Gandaria atau Ramania ini sudah mulai langka dan banyak dicari kaum ibu apalagi ibu hamil.

          Buah gandaria biasanya diolah sebagai rujak dan sambal gandaria. Buahnya berasa manis dan jika ingin dimakan langsung. Buah gandaria berbentuk bulat kecil mirip kelereng. Benih gandaria berwarna ungu. Selain bisa digunakan untuk makanan rujak, buah gandaria segar jika dibuat jus. Kandungan air yang kaya pada buah ini membuat jus gandaria menyegarkan dahaga kita.

15 Manfaat buah Gandaria atau Ramania

manfaat buah gandari atau ramania

          Buah gandaria memiliki kandungan nutrisi yang cukup kompleks. Olahan yang bisa dibuat dari buah ini selain rujak, juga bisa dibuat acar, bahkan manfaat gandaria ini bisa di jadikan olahan bumbu masak. Kandungan yang kaya dari buah ini adalah air, vitamin C, dan serat. Itu membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita.

manfaat buah gandari atau ramania

Nutrisi buah gandaria per 100 gram:

air86,6 g
Protein40 mg
Lemak20 mg
Karbohidrat11,3 g
Serat150 mg
Niacin0,5 mg
Vitamin C100 mg
Kalsium9 mg
Fosfor4 mg
Besi0,3 mg
Beta karoten23 mg
Tiamin0,11 mg
Riboflavin0,05 mg
Bersumber dari bagian nutrisi departemen kesehatan

Dari berbagai kandungan nutrisi yang kompleks pada buah ini banyak sekali.

Manfaatnya bagi kesehatan kita seperti:

  • 1. Kesehatan Kulit
          Kandungan manfaat vitamin C pada buah ini cukup banyak, bahkan buah ini tergolong memiliki kandungan vitamin C yang paling banyak. Cukup baik dalam membantu pesan jaringan kolagen yang menyehatkan kulit. Selain itu kandungan betakaroten pada buah ini memberikan vitamin yang baik untuk kulit. Dan kandungan airnya yang banyak, akan selalu membantu melembabkan kulit, sehingga kesehatan kulit kita akan tetap terjaga.

manfaat buah gandari atau ramania
  • 2. Mempercepat Penyembuhan Luka
          Selain resep kolagen, manfaat buah gandaria juga membantu Metabolisme protein. Kandungan yang kaya vitamin C dan protein akan membuat rangsangan beregenerasi di dalam tubuh.
  • 3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
          Kandungan air yang kaya pada buah ini membantu penyerapan zat besi dilakukan dengan lebih efektif. Manfaat udara yang didukung dengan kandungan zat besi yang terdapat pada buah ini, akan meningkatkan daya tahan tubuh kita terhadap infeksi kuman atau virus yang menyerang tubuh.

manfaat buah gandari atau ramania
  • 4. Mencegah Kanker
          Kadar air hingga 86,6 g, cukup tinggi dan baik untuk sistem pencernaan kita. Selain itu, ditambah kandungan serat yang banyak membuat waktu yang dibutuhkan tubuh untuk membuat proses penyerapan makanan menjadi lebih cepat dan lancar. Hal ini baik untuk mencegah endapan penyebab kanker pada saluran pencernaan.

Penelitian:
Studi yang telah dilakukan pada responden wanita menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 26 gram serat sehari memiliki risiko kanker 25% lebih rendah dibandingkan mereka yang kurang serat. Kandungan serat pada buah ini cukup banyak dan membantu tubuh dalam mencegah risiko kanker.

manfaat buah gandari atau ramania
  • 5. Mengatasi Sariawan
          Sariawan terjadi salah satu akibat kesalahan vitamin C. Konsumsi vitamin C yang kekurangan tubuh akan membantu proses penyembuhan sariawan. Manfaat buah buahan yang mengandung vitamin C, juga membantu menyembuhkan berdarah berdarah. Kebutuhan vitamin C untuk tubuh dalam sehari adalah 60 mg. Gandaria mengandung vitamin C lebih dari 60 mg yang cukup baik untuk membantu kita menyembuhkan sariawan.
  • 6. Silkulasi Darah
          Perlu kita ketahui bahwa 55% tubuh kita terdiri dari udara. Tubuh kita sangat membutuhkan udara dengan jumlah yang banyak. Darah di tubuh kita sendiri adalah 82% udara. Darah kita membutuhkan udara untuk menjaga kekentalan dalam sistem peredaran darah. Buah gandaria memiliki kandungan air yang banyak sama komentar dengan manfaat buah naga. Minum jus buah gandaria memberikan asupan udara yang baik agar peredaran darah kita menjadi lebih lancar.
  • 7. Menjaga Fungsi Otak
          Selain darah yang membutuhkan udara, otak juga membutuhkan udara untuk menjaga fungsinya dengan baik. Perlu diketahui bahwa 70% otak kita terdiri dari udara. Dengan memberikan asupan udara yang cukup akan membuat otak tetap berfungsi dengan baik.

manfaat buah gandari atau ramania
  • 8. Menjaga Fungsi Paru-paru
          Organ lain yang sangat membutuhkan asupan udara yang cukup adalah paru-paru. Fungsinya untuk sistem pernafasan, tapi 90% dari komposisi paru-paru adalah udara. Manfaat buah gandaria dengan kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga fungsi paru-paru.
  • 9. Menetralkan racun
          Pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh sangat penting untuk menjaga fungsi organ tubuh kita. Fungsi udara penting lainnya adalah membantu pembantuan suhu tubuh kita dengan proses keluarnya keringat. Baik untuk membersihkan kotoran dan racun tubuh. Selain itu, air yang masuk ke dalam tubuh akan membantu proses reabsorpsi lebih cepat. sehingga udara mengeluarkan kotoran dapat mengeluarkan kotoran dengan baik.
  • 10. Mengatasi susah buang air besar
          Kandungan air dan serat yang tinggi pada gandaria membantu mengatasi sembelit atau sembelit. Air dan serat membantu proses penyerapan menjadi lebih lancar dan cepat.
  • 11. Membantu Program Diet
          Perlu kita ketahui bahwa serat mampu membantu menurunkan berat badan. Apalagi kandungan serat pada buah ini lebih banyak dari kandungan lemaknya. Sehingga efeknya akan lebih banyak didapat oleh kandungan seratnya. Selain itu, kecukupan serat dalam tubuh turut menciptakan perasaan kenyang lebih lama, karena hal itu juga terdapat yang banyak dikonsumsi saat menjalani program diet.

manfaat buah gandari atau ramania langka
  • 12. Risiko mengurangi Stroke
          Dari berbagai penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa serat dapat mengikat kolesterol dan mencampakkan bersama kotoran. Kandungan serat hingga 150 mg pada buah ini akan membantu mengikat kolesterol dengan lebih efektif. Sehingga kekurangan kadar kolesterol yang telah diikat, baik untuk kesehatan hingga menurunkan risiko stroke.
  • 13. Kesehatan Jantung
          Hasil studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition September 1999 menemukan bahwa serat merupakan penangkal yang baik untuk melawan penyakit jantung. Studi tersebut menambahkan bahwa dengan memenuhi kebutuhan serat sebesar 26 g per hari mencegah risiko penyakit jantung 40% lebih rendah.Tidak ada salahnya mengonsumsi buah yang kaya serat, sehingga akan membantu kita terhindar dari penyakit jantung.
  • 14. Mencegah Risiko Diabetes
          Studi lain yang dilakukan terkait medis Amerika 12 Februari 1997 menyebutkan bahwa fungsi lainnya adalah mencegah risiko diabetes. Jenis serat larut air yang dikonsumsi seperti gandaria, dapat membantu memperbaiki kondisi penderita diabetes, dan mengurangi risiko diabetes.
  • 15. Kesehatan mata
          Kandungan lain pada gandaria yang memiliki manfaat bagi kesehatan kita adalah kandungan beta karoten. Dimana nutrisinya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita. Karena beta karoten merupakan nutrisi yang cepat berubah menjadi diserap oleh tubuh. Kita tahu bahwa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata.

Itulah manfaat dan khasiat buat Gandaria atau Ramania sesuai informasi dari badan kesehatan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dengan mengonsumsinya secara rutin. Semoga bermanfaat.
ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "15 Manfaat buah Gandaria atau Ramania"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel