-->

14 Manfaat Nutrisi Kristal Jambu Biji untuk Kesehatan

         Kristal Jambu Biji. Pastinya jambu jenis ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Jenis jambu biji yang juga sering disebut dengan jambu biji ini merupakan salah satu jenis jambu biji yang enak dan juga digemari masyarakat, tidak hanya di Indonesia bahkan di dunia. Jambu biji ini secara umum terdiri dari dua jenis yaitu jambu kristal dengan biji dan isinya berwarna merah serta memiliki isi atau bijinya berwarna putih.

14 Manfaat Nutrisi Kristal Jambu Biji untuk Kesehatan

          Keduanya sangat nikmat disantap, perbedaannya hanya terdapat pada warna dan teksturnya saja. Nutrisi dan mineralnya tidak jauh berbeda satu sama lain. Cara mendapatkan jambu kristal ini sangatlah mudah. Kristal jambu biji bisa Anda temukan di pasar tradisional, hingga supermarket besar.

manfaat nutrisi kristal jambu biji

          Jambu kristal sendiri merupakan turunan dari jambu biji varietas putih yang biasanya memiliki tekstur lebih keras. Jambu biji tanpa biji ini adalah produk sampingan alami dari kesuburannya yang rendah. Tetapi, nilai gizi jambu kristal tidak kalah dengan jambu biji jenis lainnya.

          Jambu kristal juga merupakan sumber vitamin C, kalium dan serat makanan yang sangat baik. Bahkan jambu kristal ini telah digunakan dalam sejumlah pengobatan tradisional di Afrika, Asia hingga Karibia.

          Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati kelezatan jambu kristal ini, antara lain:
  • Langsung dimakan begitu saja
  • Dibuat menjadi jus
  • Dicampur dengan sop / es buah

Bagi Anda yang suka mengutak-atik bahan makanan

          Anda bisa memanfaatkan jambu kristal ini sebagai minuman dengan cara dijus. Selain itu bisa juga dikreasikan menjadi berbagai menu dengan menggunakan bahan dasar kristal ini.

jambu kristal putih yang banyak manfaat

          Nah, Anda yang sering mengonsumsi jambu kristal ini, apakah sudah mengetahui khasiatnya? Atau belum tahu? Untuk lebih jelasnya yuk simak apa saja manfaat dari jambu kristal ini.

Berikut beberapa manfaat yang harus Anda ketahui:

1. Baik Bagi Penderita Diare

          Manfaat jambu mete memiliki kandungan serat yang tinggi, dan juga kristal jambu biji mengandung senyawa yang disebut astringents. Senyawa astringen ini ternyata salah satu pelaku yang dapat membunuh bakteri penyebab penyakit diare.

2. Mencegah buang Air besar atau Sembelit

          Apakah Anda merasa sembelit, atau susah buang air besar? Jika iya, sebaiknya coba rajin mengkonche kristal jambu biji. Kristal Jambu Biji memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan tingginya serat yang dimiliki oleh jambu kristal ini, maka pastinya sembelit dan susah buang air besar yang Anda alami secara tuntas, karena salah satu faktor penyebab sembelit ini adalah kurangnya serat di dalam tubuh.

3. Mengobati Batuk dan Flu

          Manfaat jambu kristal untuk kesehatan sangat baik untuk mengurangi lender di tenggorokan. Selain itu, kristal jambu biji sendiri juga bisa menjadi penghambat aktivitas kuman dan mikroba penyebab flu batuk.

nutrisi jambu kristal untuk kesehatan

4. Menjaga Kesehatan Kulit

          Sudah tahu kan apa sih manfaat vitamin E khususnya untuk kulit? Ya, jambu kristal merupakan salah satu jenis buah yang juga memiliki banyak kandungan vitamin E. Tentunya vitamin E sangat bermanfaat terutama untuk kesehatan kulit. Vitamin E dapat membantu:
  1. Mencegah kulit kering dan bersisik
  2. Mengangkat sel kulit mati
  3. Mencerahkan wajah
  4. Menutrisi kulit dari dalam
  5. Menjaga kelembaban kulit
5. Mempertahankan Rasa Kenyang

          Anda merasa lapar, tapi belum waktunya makan? Jika iya, Anda bisa mengonsumsi jambu kristal ini untuk camilan Anda. Manfaat jambu mete memiliki kandungan karbohidrat dan kalium yang tinggi, sehingga dapat menghilangkan rasa lapar. Selain itu kandungan protein dan kandungan serat yang ada pada buah ini dapat membantu menjaga rasa kenyang agar tahan lama dan tidak mudah lapar

6. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

          Serat merupakan salah satu zat terpenting untuk kesehatan pencernaan Anda. Dengan adanya serat tersebut, maka pencernaan Anda akan menjadi lebih lancar, dan Anda juga dapat terhindar dari berbagai masalah pencernaan yang tentunya sangat mengganggu aktivitas Anda.

7. Sebagai Zat Antioksidan

          Kristal Jambu Biji juga memiliki manfaat yang sangat baik sebagai salah satu zat antioksidan. Antioksidan yang terdapat pada kristal jambu biji sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang menjadi biang keladi berbagai penyakit, seperti kanker dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, radikal bebas juga berperan dalam proses penuaan dini terutama pada area kulit.

8. Menjaga dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

          Berbagai macam vitamin dan mineral yang terkandung dalam jambu kristal memiliki manfaat. Pastinya sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Dengan menjaga daya tahan tubuh Anda dengan baik dan sempurna, maka Anda akan:
  1. Terhindar dari berbagai penyakit
  2. Selalu bugar dan segar dalam beraktivitas
  3. Pertahankan fokus
9. Baik untuk Kesehatan Mata

         Manfaat jambu mete memiliki kandungan vitamin A yang juga cukup tinggi. Vitamin A selain untuk menjaga daya tahan tubuh juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Ini akan membantu Anda dalam mencegah dan juga mengobati berbagai macam gangguan mata, seperti:
  1. Rabun jauh
  2. Rabun dekat
  3. Astigmatisme
  4. Kencing ayam
  5. Katarak
10. Memberikan Energi bagi Tubuh

          Protein, karbohidrat, serat, dan vitamin kompleks yang ada pada kristal buah jambu biji, dapat memberikan energi yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, jambu biji juga memiliki kandungan gula yang tentunya sangat bermanfaat untuk kebutuhan energi tubuh sehari-hari.

11. Baik untuk Kesehatan Tulang

          Siapa bilang hanya susu yang baik untuk kesehatan tulang? Ternyata buah-buahan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Salah satunya adalah buah jambu kristal ini, karena memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang Anda.

manfaat nutrisi kristal jambu biji untuk kesehatan

12. Mengobati Sariawan

          Vitamin C dalam kristal jambu biji tentunya akan sangat efektif untuk mencegah dan juga mengobati sariawan yang Anda alami.

13. Mencegah Anemia

          Manfaat jambu kristal untuk kesehatan juga mengandung zat besi. Zat besi ini dapat membantu Anda untuk mencegah munculnya gejala anemia, seperti:
  1. Mudah lelah
  2. Lelah
  3. Lamban
  4. Seringkali tidak fokus pada pekerjaan dan aktivitas beruang
14. Mencegah Inveksi serta Virus

          Berbagai macam vitamin dan mineral yang ada pada buah jambu kristal ini memiliki khasiat yang sangat penting sebagai anti bakteri, anti infeksi dan anti inflamasi. Artinya, buah jambu biji baik untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan yang berhubungan dengan infeksi, peradangan dan virus di dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat kristal jambu atau jambu kristal yang sering kita lihat atau kita makan baik secara rutin atau pun tidak.
ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "14 Manfaat Nutrisi Kristal Jambu Biji untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel