-->

Luar biasa 10 manfaat buah Carica

          Bagi masyarakat Indonesia, sebagian dari kita belum banyak yang mengenal buah yang satu ini. Buah carica sulit ditemukan karena hanya tumbuh di dataran. Artinya buah carica hanya tumbuh di daerah yang tinggi dan mempunyai suhu yang dingin atau di pegunungan.

          Manfaat buah carica untuk kesehatan memang tidak sedikit, namun sangat besar sehingga dapat kita manfaatkan.

Luar biasa 10 manfaat buah Carica

manfaat buah carica yang luar biasa

Tentang Buah Carica Buah


          Pertama yang ditemukan di Amerika di Indonesia sendiri hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Timur. Namun ada sebagian juga sudah menemukannya di Bali. Karena hanya tumbuh di dataran tinggi, buah ini sulit ditemukan dan tidak mudah kita temukan di supermarket manapun.

          Buah yang memiliki fisik seperti buah pepaya memiliki banyak manfaat dibalik sulitnya menemukan buah ini.

Kandungan nutrisi buah carica

luar biasa manfaat buah carica

          Belum banyak yang mengetahui khasiat buah carica untuk kesehatan dan hanya mengetahui jika buah ini memiliki rasa yang asam dan segar. Padahal buah Carica banyak mengandung Serat, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Enzim Papain, dan Kalsium yang tentunya bermanfaat bagi tubuh kita.


          Nah, kandungan - kandungan itulah yang membuat buah carica memiliki banyak manfaat. Berikut 10 manfaat buah carica untuk kesehatan:

Manfaat buah carica untuk kesehatan dan untuk berbagai faktor umum dapat di manfaatkan untuk berbagai aspek kehidupan. Mari kita ulas sebaik-baiknya.

1. Memberi lahan bisnis

          Secara tidak langsung, buah yang hanya tumbuh di dataran tinggi ini memberikan lahan bisnis khusus bagi warga yang tinggal di daerah tersebut. Buah carica memiliki banyak fungsi sebagai bahan pangan karena dapat diolah menjadi berbagai macam.

          Seperti selai, manisan, sirup, keripik, hingga dodol. Warga Wonosobo sendiri sedang membuat home industri yang mengolah buah carica dan menjualnya.

obat kulit terdapat pada buah carica


2. Bisa menjadi obat kulit

          Buah carica juga memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kulit. Menurut warga Wonosobo, di Amerika buah carica terdapat obat yang digunakan untuk penyakit kulit berupa obat - obatan. Namun di Wonosobo belum ada yang mengolahnya menjadi obat penyakit kulit karena minimnya pemahaman dan pengetahuan. 

3. Menjadi kosmetik dan perawatan kulit

          Tak hanya untuk obat kulit, buah carica bisa membentuk kolagen di dalam tubuh. Sehingga buah ini juga menjadi bahan kosmetik dan perawatan kulit. Kolagen yang dihasilkan dapat membuat kulit menjadi halus dan terhindar dari penuaan dini seperti menghindari kerutan pada wajah dan tubuh. Mengkonsumsi secara teratur tentunya akan berpengaruh besar pada kulit kita. 

4. Memberi kesegaran

          Buah carica yang sudah diolah atau juga yang belum diolah untuk memberikan kesegaran bagi tubuh karena memiliki rasa yang enak. Buah carica yang belum diolah tidak enak yang sudah diolah karena rasanya yang asam. Kebanyakan memang menyukai buah Carica yang sudah diolah. 

5. Pencernaan lancar

          Seperti buah-buahan lainnya, buah Carica yang mengandung Vitamin C dan Serat yang tinggi memiliki khasiat untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh. Warga Wonosobo mengonsumsi buah ini secara kasar secara rutin sebagai asupa untuk melancarkan pencernaan. 

6. Membersihkan usus

          Karena dapat melancarkan pencernaan, ini juga berarti buah carica dapat membersihkan organ usus kita secara alami. Untuk usus sendiri, buah carica dapat membasmi bakteri jahat karena dapat menyeimbangkan keasaman atau pH dalam usus kita. Buah carica yang 

7. Sehat Mata

          Juga bisa menyehatkan mata karena mengandung Vitamin A. Banyak yang mengira bahwa Vitamin A hanya ada pada wortel bukan? Buah carica bisa menjadi asupan lain untuk menggantikan wortel agar mata tetap sehat. Apalagi bagi anda yang kurang menyukai sayur wortel.

8. Hilangkan rabun senja

          Warga di Wonsosobo percaya bahwa buah Carica juga dapat menghilangkan rabun senja. Seperti sebelumnya, buah Carica yang mengandung Vitamin A dapat membantu penderita rabun senja berangsur-angsur sembuh.

9. Menambah metabolisme

          Buah carica juga memiliki khasiat pada metabolisme dalam tubuh dengan cara menambahkannya. Kandungan Gizi Serat, dan Vitamin juga Kalsium membantu tubuh untuk memiliki fisik yang lebih kuat dan terhindar dari virus dan bakteri. Terutama karena adanya Vitamin B Complex.

10. Memberi kehangatan

          Di Amerika, buah carica juga memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh. Mereka mengolah buah ini untuk minuman beralkohol. Menurut mereka, rasa minuman beralkohol dari buah ini sangat nikmat. Namun di Indonesia belum ada yang mengolahnya menjadi minuman beralkohol.
ARTIKEL TERKAIT

1 Komentar untuk "Luar biasa 10 manfaat buah Carica"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel