-->

Kaya Nutrisi 10 Manfaat Buah Kasturi untuk Kesehatan

          Kasturi merupakan tumbuhan khas tropis dari Kalimantan sehingga kebanyakan orang menyebutnya sebagai mangga borneo. Tanaman kasturi yang mempunyai nama latin Mangifera casturi ini awalnya mewabah (hanya ada) di hutan sekitar Banjarmasin di Kalimantan. Namun karena banyaknya kasus penggundulan hutan, tanaman ini mulai sulit ditemukan di hutan Kalimantan.

manfaat buah kasturi untuk kesehatan

          Hal ini membuat tumbuhan ini telah masuk dalam daftar merah IUCN (International Union for Conservation of Nature) karena telah punah di Alam Liar ". Kepunahan disini artinya, tumbuhan ini tidak dapat ditemukan lagi di habitat aslinya dan hanya dapat ditemukan di perkebunan dan di daerah konversi.

Kaya Nutrisi 10 Manfaat Buah Kasturi untuk Kesehatan

          Meski buahnya kecil, kasturi memiliki aroma yang harum dan rasa yang enak sehingga banyak disukai oleh masyarakat khususnya masyarakat Kalimantan Selatan.Selain rasanya yang enak ternyata buah kasturi memiliki banyak manfaat.

Yang beberapa diantaranya adalah:

1. Memiliki nutrisi yang baik 

          Buah kasturi memiliki nutrisi yang baik dan bermanfaat Nutrisi tersebut antara lain: 

- Sukrosa sebanyak 7,93% - Sukrosa memberikan rasa manis pada buah kasturi sehingga dapat digunakan sebagai pemberi manis pada makanan. seperti kue.
- Lemak rendah karena hanya berjumlah sekitar 0,44% 
- Protein mengandung cukup banyak 1,20% 
- Vitamin A dalam jumlah tinggi sekitar 6069,29 IU 
- Vitamin C sebanyak 81,40% 
- Kadar air tinggi sebanyak 81,40% 
- Jumlah kecil vitamin E dan mineral lain seperti zat besi.

buah kasturi

2. Kaya vitamin 

         Kandungan buah kasturi sama seperti manfaat buah mangga, dimana didalam buah kasturi terdapat vitamin yang baik untuk tubuh seperti vitamin C, A, dan E. Selain itu vitamin C dan A merupakan sumber kalium untuk membantu menjaga tekanan darah, otomatis kontraksi dan menjaga proses organ dapat bekerja dengan baik. Sedangkan vitamin E bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. 

3. Menjaga Kesehatan Kulit

          Kasturi merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit karena kaya akan manfaat antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas akibat udara yang tercemar. Selain itu, AHA (alpa hydroxyl acid) yang banyak terdapat pada kulit buah kasturi dapat membantu peremajaan kulit dan mempercepat pengelupasan sel kulit yang telah mati. 

4. Pencegahan kanker

          Buah kasturi merupakan salah satu jenis mangga dan sama dengan jenis mangga lainnya, buah kasturi banyak mengandung komponen penting yang dapat mencegah penyakit kanker. Selain antioksidan, senyawa penting lainnya yang membantu mencegah fungsi kanker adalah asam galat, astragalin, filsetin, kuertentin, dan methylgallate. 

5. Nafsu makan meningkat

          Rasa asam pada buah kasturi dihasilkan dari beberapa asam yang terkandung khususnya asam sitrat. Komposisi asam dalam cetakan sekitar 0,31% sampai 0,71%. Selain rasanya yang asam, ada rasa manis yang memadukan satu sama lain. Kombinasi rasa yang merangsang nafsu makan ini semakin meningkat. 

6. Aman untuk Penderita Hipertensi 

          Mangga borneo memiliki banyak mineral seperti manfaat zat besi, kalium, magnesium, fosfor, kalium, tembaga, seng, mangan, dan selenium.

         Meski banyak jenisnya, namun mineral ini masih dalam jumlah yang lebih sedikit dari kadar vitamin yang ada.

          Namun salah satu keunggulan mangga borneo ini adalah perbandingan antara natrium dan kalium masih dalam jumlah yang jauh lebih rendah. Oleh karena itu sangat aman dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. 

7. Sumber energi 

          Daging mangga mengandung manfaat karbohidrat berupa selulosa, pati, dan gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, fruktosa. Gula yang terkandung di dalam buah ini selain untuk penyajian rasa yang manis, juga bermanfaat sebagai sumber energi yang bisa langsung dimanfaatkan oleh tubuh kita. 

8. Melindungi saluran pencernaan 

          Manfaat buah yang kaya dengan serat alami menjadikan buah ini layak untuk melindungi saluran pencernaan kita, termasuk manfaat buah kasturi ini. 

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

          Musim pancaroba yang menjadi musim sakit dapat terlewati dengan aman jika rutin mengkonsumsi mangga karena kandungan nutrisinya, karotenoid, dan kaya vitamin. 

10. Mengoptimalkan Kesehatan Mata 

          Manfaat buah kasturi memiliki karoten yang tinggi karena warna daging buahnya yang jingga. Karoten dan vitamin A berdampak positif pada kesehatan mata.

Itulah beberapa manfaat buah Kasturi yang berasal dari kalimantan ini yang sangat bagus untuk kesehatan dan pemeliharaan kesehatan agar tetap optimal dan selalu fit.

ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "Kaya Nutrisi 10 Manfaat Buah Kasturi untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel