-->

19 Manfaat Apel Untuk Diet dan Kesehatan

          Manfaat buah apel yang terkenal sabagai buah yang sangat membantu untuk menjaga kesehatan bahkan dapat mencegah penyakit, tentunya juga ampuh untuk diet. Siapa yang tidak suka apel? Buah cantik ini banyak dikonsumsi untuk membantu diet. Manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari sebuah apel, yuk kita bahas satu persatu.

manfaat apel untuk diet dan untuk kesehatan

19 Manfaat Apel Untuk Diet dan Kesehatan


1. Manfaat Apel Untuk Diet

          Manfaat apel untuk diet merupakan salah satu yang paling terkenal di jagat raya termasuk di seluruh Indonesia. Bagaimana apel dapat membantu diet harian Anda untuk sukses? Cara kerja buah apel untuk diet hampir sama dengan manfaat nasi merah dengan kandungan serat yang sangat tinggi, buah ini bikin kenyang lebih lama di perut kita.

          Lalu apa hubungannya? hal ini akan sangat membantu agar asupan makanan / nafsu makan tinggi kalori dapat kita minimalkan. Saat perut memiliki glukosa, perut terasa lapar dan memberi tahu otak untuk mencari makanan.

          Manfaat apel Setelah makan otomatis rasa lapar menghilang, dan disinilah peran serat apel untuk bertahan lebih lama dilambung dan membuat rasa kenyang lebih lama di perut sehingga Anda tidak akan merasa lapar. Apel yang tenang tidak mengandung lemak dan kaya serat sehingga aman untuk diet dan usus.

2. Manfaat Apel Untuk Kesehatan

          Niscaya, manfaat apel untuk kesehatan juga sangat ampuh dan melebihi apa yang dapat kita harapkan. Apel memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia, nah berikut beberapa manfaat apel yang luar biasa untuk tubuh manusia.

3. Membantu kerja usus halus

          Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pengolah makanan dan pengambilan nutrisinya. Konsumsi apel secara teratur dapat mencegah sembelit dan gangguan pencernaan yang terjadi di usus.

manfaat apel untuk diet

4. Mengurangi risiko gangguan pernapasan.

          Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi jus apel secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit pernapasan. Selain itu, ibu hamil yang rutin mengonsumsi jus apel juga efektif untuk menekan gangguan pada saluran pernafasan anak di dalam kandungan.

5. Kesehatan mulut dan gigi berlubang

          Ternyata apel juga memiliki fungsi tablet untuk kesehatan mulut dan gigi, mengkonsumsi apel dengan cara dikunyah langsung akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain zat tanin yang terkandung dalam apel, membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

6. Memberikan perlindungan pada tulang

          Kandungan flavonoid (phloridzin) adalah manfaat apel yang mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan boron dalam apel juga berfungsi untuk memperkuat tulang di tubuh agar tidak mudah keropos. Ini juga sangat baik untuk pencegahan gejala penyakit rematik.

manfaat buah apel untuk kesehatan


7. Mengontrol gula darah

          Asam galakturonat disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Oleh karena itu, apel sangat baik dikonsumsi bagi orang yang memiliki riwayat genetik diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius.

8. Mencegah dan Mengobati Kanker.

          Khasiat apel terdapat pada senyawa triterpenoid pada kulit apel, yang diidentifikasi dalam penelitian Cornell University, diketahui dapat menghambat sel kanker penyebab gejala kanker payudara, hati dan gejala kanker usus besar. 

          Selain itu, apel memiliki sejumlah zat yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, antara lain aktivitas antimutagenik, aktivitas antioksidan, antiinflamasi, antiproliferatif, dan mekanisme pemicu apoptosis yang dipublikasikan di jurnal Planta Medica.

9. Kesehatan Otak

          Apel terbukti dapat digunakan untuk melindungi sel saraf yang dapat mencegah stres oksidatif yang disebabkan oleh neurotoksisitas dan berperan penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

10. Mencegah Parkinson

          Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi lainnya mendapat manfaat dalam perlindungan penyakit Parkinson. Penyakit ini ditandai dengan gangguan produksi dopamin untuk sel saraf otak. Para ilmuwan telah mengaitkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas.

11. Menurunkan Kolesterol

          Bagi anda yang bertubuh gemuk atau memiliki LDL tinggi sebaikanya aktifkan pada buah apel. Serat larut yang ditemukan dalam apel dapat mengikat lemak di usus, yang diterjemahkan fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol.

12. Baik untuk pencernaan

          Apel merupakan buah yang kaya serat dan berbagai vitamin serta mineral yang mudah dicerna oleh tubuh, untuk itu apel merupakan salah satu jenis buah yang sangat sehat untuk pencernaan. 

13. Menyehatkan Jantung

          Sebuah penelitian ekstensif telah mengaitkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenol, senyawa yang ditemukan di kulit apel juga mencegah kolesterol masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri.

          Ketika plak menumpuk di arteri, itu mengurangi aliran darah ke jantung, yang menyebabkan penyakit jantung koroner. Plak ini bisa dibersihkan dengan bantuan serat larut yang ada di dalam apel.

14. Mencegah batu empedu

         Batu empedu terbentuk jika terdapat terlalu banyak kolesterol di empedu sehingga cenderung mengeras. Efek jangka pendeknya sangat mungkin Anda akan mengalami obesitas. Untuk mencegah batu empedu.

          Dokter menyarankan pola makan tinggi serat untuk membantu anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Apel sebagai salah satu buah super yang memiliki kandungan serat yang tinggi sangat baik untuk kesehatan.

15. Mengatasi Diare dan Sembelit

          Tidak bisakah kamu pergi ke kamar mandi (bab yang sulit) atau tidak bisa berhenti (diare)? Serat yang terdapat pada apel bisa membantu mengatasi kedua masalah tersebut meski masing-masing berlawanan.

          Serat yang baik dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen di dalamnya bergerak sepanjang hari mendukung sembeit. Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu Anda dalam proses diare.

16. Detoksifikasi Hati

          Detoksifikasi merupakan salah satu fungsi untuk mengeluarkan racun dari hati. Setiap hari di era yang semakin maju kita tidak akan pernah lepas dari konsumsi bahan yang mengandung 'racun' baik itu dari minuman maupun makanan.

         Fungsi hati bertanggung jawab untuk membersihkan racun ini dari tubuh. Kandungan antioksidan dapat membantu detoksifikasi hati dari berbagai zat atau racun yang ada di dalam tubuh.

17. Mencegah katarak

          Untuk khasiat buah apel yang satu ini, meski penelitian sebelumnya belum terlalu meyakinkan tentang khasiat buah apel untuk katarak. Namun studi jangka panjang baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang menjalani pola makan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel 10 hingga 15 persen lebih kecil kemungkinannya terkena katarak.

18. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia

          Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan, terutama ketika pikiran sedang stres.

19. Mencegah wasir

          Wasir adalah terjadinya pembengkakan pembuluh darah di daerah anus meski tidak berdampak pada kematian, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah bisa sangat menyakitkan. Wasir umumnya disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di area panggul dan rektal.

          Serat dapat mengurangi ketegangan yang terlalu 'ekstrim' saat pergi ke kamar mandi sehingga membantu meredakan wasir. Itulah serangkaian manfaat buah apel.
ARTIKEL TERKAIT

Berikan pendapat anda tentang "19 Manfaat Apel Untuk Diet dan Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel